300 Atlet aeromodeling Bertarung di Kualifikasi PON

300 Atlet aeromodeling Bertarung di Kualifikasi PON

Bandung - Sebanyak 300 atlet aeromodeling dari 17 provinsi di Indonesia akan bertarung pada babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Lanpangan Udara Sulaiman, Kabupaten Bandung, 11-20 September 2015.

"Aeromodelin cabang olahraga yang terakhir menggelar babak kualifikasi dibawah FASI. Dan ini sesuai sarang PB FASI karena cuaca pada bulan ini masih cukup bagus dan cerah," Pelatih Aeromodeling Jabar Lili Anlia di Bandung, Rabu (9/9/2015).

Ia menyebutkan babak kualifikasi digelar berdasarkan arahan dari Pengurus Besar (PB) Federasi Aerosport Seluruh Indonesia (FASI) yang berharap pelaksanaan kualifikasi digelar di bulan September. Hal ini berkaitan dengan kondisi cuaca di bulan September.

Pada babak kualifikasi itu 17 provinsi sudah menyatakan siap ikut serta. Bahkan sebanyak 11 provinsi sudah datang dan melakukan uji coba lapang di Lanud Sulaiman, Margahayu, Kabupaten Bandung.

"Total atlet yang akan ikut serta sekitar 300 orang. Jabar sendiri menurunkan full tim sebanyak 16 atlet," kata Lili.

Pada babak kualifikasi akan dipertandingkan sebanyak 11 nomor pertandingan dan memperebutkan 9 medali emas. Pasalnya dari 11 nomor tersebut ada dua nomor yang perhitungannya disatukan sehingga hanya memperebutkan satu medali emas.

"Keikutsertaan Jabar di babak kualifikasi ini lebih kepada uji coba atlet dan melihat hasil latihan selama ini," katanya.

Jabar yang sudah dipastikan berlaga tanpa babak kualifikasi karena bertindak sebagai tuan rumah, tidak akan menurunkan kekuatan penuh. Salah satunya menyimpan pesawat yang akan digunakan nanti karena peralatan berpengaruh besar dalam pencapaian prestasi.

"Kita uji lapangan saja, meski full team tapi tidak menampilkan pesawat andalan kita. Namun jelas kita siap tampil maksimal," kata Lili Anlia menambahkan. (AY)

.

Categories:Olahraga,
Tags:,