Batu Akik Raksasa Muncul di Jabex 2015

Batu Akik Raksasa Muncul di Jabex 2015

Bandung - Sebuah batu akik berukuran sebesar kepala manusia dipamerkan stand Kabupaten Sukabumi pada Jawa Barat Expo (Jabex) 2015 di Graha Manggala Siliwangi Kota Bandung, Kamis (10/9/2015).

"Batu akik ini dari galian di daerah Pelabuhan Ratu. Berat bongkahan awalnya sekitar 60kg sekarang setelah dipoles beratnya 28 Kg termasuk bingkainya," kata Staff Dinas Perekonomian Sukabumi Reza.

Bingkai dari batu akik raksasa itu punya makna tersendiri, bisa dilihat kedua sisinya ada lubang seperti mata dan di kanan bawah ada tanda ciri khas Suku Asmat.

Menurut Reza batu akik itu ditawarkan seharga Rp70 juta. Beberapa faktor yang membuat harganya melambung selain ukurannya adalah karena terdapat tujuh warna dalam batu tersebut, yaitu merah, coklat, hijau,hitam, kuning, putih, dan terdapat serat perak. Akik raksasa ini rencananya akan dijual atau diikutsertakan di acara lelang khusus kolektor.

Ia mengatakan selain batu akik raksasa stand Kabupaten Sukabumi juga memamerkan batu akik jumbo dengan ukuran lebih kecil.

"Selain batu akik kita juga memamerkan produk unggulan khas Sukabumi lainnya seperti tempat tisu, tempat buah, dan tatakan gelas dari batok kelapa, kerajinan tanduk, kursi dan meja dari akar kayu," katanya.

Ditemui di tempat yang sama penanggung jawab pameran produk unggulan Jawa Barat, Adriyansyah mengatakan acara ini diselenggarakan Kadin Jawa Barat dan Debindo.

Selain pameran produk unggulan dari berbagai daerah acara ini juga menampilkan informasi pariwisata dan aneka kuliner khas dari dalam maupun luar daerah Jawa Barat.

"Tujuan diadakan acara ini adalah untuk memunculkan UKM dan mendorong agar mereka bisa naik kelas dari usaha mikro agar dapat menjadi usaha kecil atau menengah," katanya.

Menurutnya beberapa lomba seperti Pasanggiri Jaipong, menggambar, mewarnai, photogenic contest turut diadakan untuk memeriahkan pameran produk Jabar itu. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,