Tol Soroja Diyakini Bisa Diujicoba Agustus 2016

Tol Soroja Diyakini Bisa Diujicoba Agustus 2016

Kontraktor pembangunan tol Soroja siap tempur rampungan proyek tepat waktu. (Foto : ADE/CikalNews)

Bandung - Pembangunan proyek ruas jalan Tol Soroja diyakini bisa selesai dan diujicoba pada Agustus 2016, sebelum PON XIX tahun 2016 digelar. Pengerjaan proyek tersebut sebetulnya bisa selesai lebih cepat, mengingat jalan tol yang menghubungkan Pasirkoja, Kota Bandung dengan Soreang, Kabupaten Bandung itu, hanya berjarak 8,15 kilometer.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan pun optimis, jika dikerjakan selama 24 jam penuh, paling bisa selesai dalam waktu 7 hingga 8 bulan. “Topografi di proyek tol Soroja ini bagus jadi pengerjaanya tidak sulit," katanya.

Selain itu, kontur tanahnya juga bagus jadi lebih mudah pengerjaannya. Intinya, medan yang akan dikerjakan pada proyek ini tidak terlalu berat. "Jadi saya yakin bisa selesai dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun,” aku Aher di sela Groundbreaking tol Soroja di Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Kamis (10/9/2015).

Ia menambahkan, untuk mendukung suksesnya proyek tersebut Pemprov Jabar melalui Dinas Bina Marga dan Pengairan menganggarkan dana sedikitnya Rp 65 miliar. “Dana dari Pemprov Jabar ini sebagai pendukung suksesnya Tol Soroja. misalnya, digunakan untuk pelebaran jalan menuju akses tol. Di depan stadion Jalak Harupat pun akan ada pelebaran jalan,” tambahnya.

Heryawan berharap, pembangunan Tol Soroja ini bisa tepat waktu atau lebih awal dari yang diinginkan. Utamanya hal itu dikaitkan dengan upaya menyukseskan PON XIX tahun 2016, jadi sebaiknya bulan Agustus tahun depan sudah bisa diujicoba.

“Kita menginginkan bulan Agustus 2016 nanti, Tol Soroja sudah bisa diujicoba dan digunakan, agar kesiapan menjelang PON pun sudah bisa terlihat,” harapnya.(Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,