Sumber Minyak Tinggal 12 Tahun ke Depan

Sumber Minyak Tinggal 12 Tahun ke Depan

Sumber Minyak Tinggal 12 Tahun ke Depan

Jakarta - Sumber minyak Indonesia hanya cukup untuk 12 tahun ke depan. Apabila negara tidak melakukan tindakan, maka dalam waktu 12 tahun lagi akan terjadi krisis minyak bumi. Hal yang bisa dilakukan dengan melakukan penambahan eksplorasi di dalam negeri.


"Sumber minyak kita tinggal untuk 12 tahun. Itu juga kalau kita nggak melakukan eksplorasi," ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said ,saat diskusi "Mimpikah Kedaulatan Energi?", di Jakarta Sabtu (1/11/2014).

Meski eksplorasi menjadi solusi untuk menghindari krisis energi, dalam pelaksanaannya menurut Sudirman cukup sulit. Pasalnya, sumber minyak tempatnya bergeser ke Indonesia Timur dan itupun berada di laut dalam sampai ke paling dalam.

"Eksplorasi akan sangat mahal. Tidak ada sumber minyak yang mudah digali lagi," ungkapnya. Jika memiliki cadangan minyak, pemerintah akan memberikan kepada pihak yang punya kemampuan. "Kita akan saring mereka. Jangan sampai pemain hulu jatuh pada pemburu yang mereka hanya beli lapangan kemudian berdagang, tidak melakukan eksplorasi," tambahn ya. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:bbm,