Emil Sambut Paket Ekonomi lewat Optimalisasi Serapan Anggaran

Emil Sambut Paket Ekonomi lewat Optimalisasi Serapan Anggaran

Bandung - Walikota Bandung Ridwan Kamil menyatakan dukungannya terhadap tiga paket kebijakan ekonomi oleh Presiden Jokowi, untuk merespon kondisi ekonomi global yang berpengaruh terhadap Indonesia.

"Saya kira baik yah," ungkap pria yang akrab disapa Emil saat ditemui di Jalan Padjadjaran, Jumat (11/9/2015).

Menurutnya, salah satu yang bisa membuat kondisi ekonomi Indonesia yang tengah melemah ini bisa stabil, yakni investasi dan valuta asing untuk masuk ke Indonesia. Hal itu bisa saja berdampak pada berkurangnya masukan devisa, dan menurunnya daya belanja.

Sebagai bentuk dukungannya, Emil coba berusaha untuk mempercepat penyerapan belanja daerah, juga percepatan belanja anggaran desa. "Percepatan belanja desa persis kaya PIPPK (Program Inovasi Pemberdayaan dan Pembangunan Kewilayahan). Jadi, menggerakkan ekonomi kerakyatan berbasis kewilayahan. Dana desa ini bisa bergulir, jadi warga desa tidak menunggu pasif, ada kegiatan," jelasnya.

Harapannya, sambung Emil, anggaran dana desa yang mencapai Rp 20 triliunan ini diharapkan bisa bergulir. Ini agar ada kegiatan dan bisa mendatangkan pemasukan, selain pembangunan juga tetap berjalan. "Saya mendukung, dan dari bawah kita ikut pergerakan. Penyerapan kita percepat," tukas Emil.

Seperti diketahui, Jokowi meluncurkan tiga buah paket ihwal kebijakan ekonomi di Istana Negara, Rabu lalu, guna merespon kondisi ekonomi global terhadap ekonomi dalam negeri. Ketiga langkah itu mencakup dorongan terhadap daya saing industri nasional melalui deregulasi, penegakan hukum, dan kepastian usaha. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,