Pemerintah Diharpkan Bangun Bembenihan Kepiting

Pemerintah Diharpkan Bangun Bembenihan Kepiting

Pemerintah Diharpkan Bangun Bembenihan Kepiting

Banda Aceh  - Pemerintah diharapkan bisa membangun "hatchery" (pembenihan) kepiting di Provinsi Aceh, demikian Petani tambak di Banda Aceh, untuk memenuhi kebutuhan benih yang terus meningkat untuk pembudidayaan komoditas ekspor tersebut.

Kami sangat berharap pemerintah mendirikan hatchery kepiting, karena kebutuhan benih untuk pembudidayaan kepiting di Aceh cukup besar," kata Herlen Munsyah, petambak kepiting lunak (sangkak) di Banda Aceh, Minggu (2/11/2014).

Ia mengatakan, budidaya kepiting sangkak di Aceh, khususnya di Banda Aceh terus berkembang seiring dengan meningkatkan permintaan pasar ekspor, namun petani sepertinya kesulitan untuk memperoleh benih.

Selama ini petani membeli benih dari hasil tangkapan nelayan di alam bebas, bukan hasil pembenihan, sehingga dikhawatirkan akan mengalami kesulitan benih di kemudian hari.

Dikatakan, seandainya ada hatchery kepiting, maka kebutuhan benih bisa teratasi bila permintaannya besar.

Ia memperkirakan, permintaan benih kepiting bakal terus bertambah, karena budidaya kepiting sangkak tersebut terus berkembang, mengingat permintaan terhadap salah satu komoditas perikanan di pasar luar negeri juga meningkat.(Ode)*
.

Categories:Ekonomi,
Tags:nasional,