Wisatawan Global Naik 4,0 Persen di Seluruh Dunia

Wisatawan Global Naik 4,0 Persen di Seluruh Dunia

Madrid - Jumlah wisatawan internasional naik 4,0 persen di seluruh dunia pada paruh pertama 2015, meskipun kekhawatiran keamanan dan kesehatan memukul keras beberapa tujuan di Afrika, Organisasi Pariwisata Dunia PBB mengatakan pada Jumat (1/9/2015).

Sekitar 538 juta wisatawan melakukan perjalanan ke tujuan internasional antara Januari hingga Juni 2015 -- 21 juta lebih besar dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, kata badan yang berpusat di Madrid itu dalam sebuah pernyataannya.

"Hasil ini menunjukkan bahwa, meskipun volatilitas meningkat, pariwisata terus mengkonsolidasikan kinerja positif yang telah dimiliki lebih dari lima tahun terakhir dan menyediakan peluang pembangunan dan ekonomi di seluruh dunia," kata kepala organisasi Taleb Rifai.

Angka pariwisata global terpukul keras oleh krisis keuangan global, menurun 4,0 persen pada 2009, karena wabah flu babi juga berkontribusi terhadap orang yang kekurangan uang tinggal di rumah, tetapi sejak itu telah meningkat setiap tahun.

Asia, Timur Tengah dan Eropa, wilayah yang paling banyak dikunjungi di dunia, semua mengalami peningkatan lima persen dalam kedatangan, dengan Amerika mencatat pertumbuhan 4,0 persen.

Tapi Afrika melihat penurunan 6,0 persen.

Afrika Utara, yang terguncang oleh serangan teroris di Tunisia, yang populer dengan tempat-tempat liburan pantai berbiaya lebih rendah bagi orang Eropa, melihat kedatangan turun 10 persen sementara sub-Sahara Afrika mengalami penurunan 4,0 persen.

"Bersamaan dengan dampak serangan teroris, tujuan Afrika telah terkena dampak akibat wabah Ebola di beberapa negara Afrika Barat dan pertumbuhan lambat negara-negara regional yang bergantung pada ekspor minyak serta komoditas lainnya," kata badan pariwisata.

Industri pariwisata Tunisia, yang telah pulih setelah kerusuhan Musim Semi Arab, sangat terguncang pada Maret oleh serangan terhadap museum Bardo di Tunis, diikuti oleh satu peristiwa penembakan pada Juni di resor Sousse, yang menewaskan total 59 wisatawan.

Organisasi Pariwisata Dunia PBB memprediksi kedatangan wisatawan internasional akan meningkat sebesar 3,0-4,0 persen selama 2015, setelah berkembang sebesar 4,7 persen tahun lalu. (AY)

.

Categories:Wisata,
Tags:,