Puluhan Ribu Pejuang Asing Gabung ISIS

Puluhan Ribu Pejuang Asing Gabung ISIS

Puluhan Ribu Pejuang Asing Gabung ISIS

New York - Data terbaru dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebutkan, diperkirakan ada sekitar 15.000 pejuang dari seluruh dunia bergabung dengan militan ISIS. Namun, jumlah di medan pertempuran mungkin bisa lebih, karena ISIS terus melakukan perekrutan anggota. 
 
Menurut PBB, kebanyakan anggota ISIS berasal dari Timur Tengah, Eropa Barat, Afrika Utara, Asia, dan beberapa kawasan kecil dari Amerika. PBB khawatir para pejuang dari luar Suriah dan Irak itu akan membawa paham radikal jika kembali ke kampung halamannya. 
 
Seperti dilansir VOA News, Sabtu (1/11/2014), hingga saat ini ada 80 negara yang menjadi anggota ISIS. Banyak faktor yang menyebabkan para pejuang asing bergabung dengan ISIS. Diketahui, faktor agama yang menjadi dominan untuk menjadi dasar mereka bersatu dengan ISIS.
 
Disebutkan, para komandan ISIS saat ini pernah mengikuti perang bersama Al Qaeda dan Taliban.Taktik yang mereka gunakan pun hampir sama dengan yang diterapkan oleh dua kelompok itu. ISIS lebih mengutamakan taktik Perang Gerilya, tapi perbedaan yang mencolok mereka lebih menekankan kekerasan dan teror terhadap lawan politiknya. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,