Atlet Sumut Raih Medali Emas Pertama Popnas

Atlet Sumut Raih Medali Emas Pertama Popnas

Bandung - Syafaad Tarigan asal Sumatra Utara meraih medali emas pertama Pekan Olahraga Pelajar Nasional XIII/2015 cabang atletik nomor jalan cepat 5000 meter putra di Sirkuit Atletik Padjajaran Sport Center Kota Bandung, Jumat (11/9/2015).

Syafaad mencatat waktu 23 menit 28,83 detik, sedangkan medali perak diraih Ahmad Fikri asal Riau dengan catatan waktu 23 menit 29,09 detik dan perunggu diraih atlet asal Bayu Prasetyo (DIY) dengan catatan waktu 23 menit 36,06 detik.

"Strategi saya hanya mengikuti dari belakang, jujur berat mengikuti mereka namun saya sangat senang bisa menang meski harus berjuang di putaran terakhir," kata Syafaad.

Rasa haru dan syukur ditunjukkan pelajar kelas 2 SMA usai perlombaan final berlangsung. Ia menyebutkan emas pertama yang diraihnya itu dipersembahkan bagi kedua orang tuanya.

"Saya senang dan bangga, saya persembahkan medali ini untuk kedua orang tua saya, teman-teman dan Sumut," katanya.

Sementara itu pelatih jalan cepat Sumut, Lilik Herianto menyatakan medali emas pertama yang diraih atletnya merupakan berkan tersendiri karena sebelumnya ia tidak menargetkan atletnya dengan emas.

"Emas dari Syafaat merupakan kejutan, ia tampil bagus meski kami tidak memberi target emas. Saya merasa bangga dengan dia apalagi ini medali emas pertama untuk Sumut di ajang Popnas," kata pelatih jalan cepat Sumatera Utara Lilik Herianto.

Ia mengaku tidak menyangka atletnya bisa mengatasi keadaan dan tekanan pada laga pertamanya di ajang Popnas itu. Pasalnya Syafaat sejak awal berada di belakang Bayu asal DIY dan Ahmad asal Riau yang terus memimpin sepanjang perlombaan. Namun pada putaran akhir Syafaad mampu menyusul dan menyudahi pertandingan dengan menyentuh garis finish di urutan pertama.

Selain perlombaan jalan cepat, pagi ini cabor atletik juga mempertandingkan nomor final lempar martil putra yang dimenangkan oleh Deni Putra Johanes asal Riau dengan lemparan sejauh 59,83 meter serta nomor lompat galah putri, dimana medali emas diraih oleh Jelita Nara asal DKI dengan 370 centimeter. (AY)

.

Categories:Olahraga,
Tags:,