Awasi Keterlibatan PNS dalam Kampanye Pilkada

Awasi Keterlibatan PNS dalam Kampanye Pilkada

Cianjur - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Cianjur, mengajak warga untuk berpartipasi mengawasi keterlibatan pegawai negeri sipil (PNS) dalam pelaksanaan kampanye pilkada.

Ketua Divisi Pengawasan Panwaslu Cianjur Agus Jaelani di Cianjur, Jumat (11/9/2015) mengatakan, keterlibatan warga diharapkan mencegah kemungkinan PNS ikut berkampanye atau turut membantu petugas lapangan yang jumlahnya memang terbatas.

"Bagi PNS yang kedapatan terlibat kampanye atau ada yang melibatkan PNS dalam kampanye, maka ada pidana kampanye. Bisa berupa pidana kurungan ataupun denda karena PNS harus netral, tidak boleh terlibat dalam kampanye," katanya.

Menurut dia, meskipun di dekat rumahnya ada kampanye, PNS tersebut tidak diperbolehkan berada di lokasi kampanye meskipun hanya menonton dan tidak menggunakan pakaian dinas karena PNS dilihat dari jabatan yang melekat, tidak dari pakaian yang dikenakan.

"Mau pakai pakaian bebas tetap tidak boleh. Bukan berarti kami melarang tapi sudah dalam aturannya seperti mau keluar rumah untuk pergi ke mana, silakan, asal jangan berada di lokasi kampanye," katanya.

Sejak masuknya tahapan kampanye, tutur dia, pihaknya kesulitan melakukan pengawasan karena PNS di Cianjur terlalu banyak, sehingga ada di antaranya yang tidak mengetahui jika seorang PNS di pemerintahan atau guru yang terlibat kampanye.

"Tenaga kami terbatas, untuk mengetahui seluruh wajah PNS butuh waktu. Tapi kami berusaha untuk menekan Panwascam dan PPL agar mengenal PNS yang ada di wilayahnya masing-masing," katanya.

Sulitnya melakukan hal tersebut, membuat pihaknya mengajak dan mengimbau warga sekitar untuk ikut mengawasi pelaksanaan kampanye calon, jika mengetahui ada PNS yang berada di lokasi kampanye, segera laporkan dengan bukti yang kuat.

"Laporkan mulai dari nama, jabatan, bertugas di mana, disertai foto atau video, agar kami bisa menelusuri lebih lanjut. Semakin banyak yang berpartisipasi, semakin Pilbup 2015 akan berjalan dengan jujur dan aman," katanya. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:,