KBB Minim Alat Pemadam Kebakaran

KBB Minim Alat Pemadam Kebakaran

Bandung - Peralatan pemadam kebakaran di Kabupaten Bandung Barat (KBB), masih minim atau belum memenuhi standar, sehingga selalu menghadapi kendala ketika melaksanakan tugas saat terjadi bencana kebakaran.

"Saat ini peralatan yang dimiliki petugas damkar (pemadam kebakaran) belum memenuhi standar," kata Instruktur Pemadam Kebakaran KBB Ahmad Rosidi kepada wartawan, Jumat (11/9/2015).

Ia menuturkan, petugas pemadan kebakaran di Indonesia termasuk di KBB umumnya belum dilengkapi peralatan yang memenuhi standar keamanan dan keselamatan saat melaksanakan tugas.

Ia menyebutkan, seperti sepatu untuk petugas di lapangan tidak kuat lama menahan panas api.

"Sepatu yang kami gunakan hanya sepatu boot biasa yang ketahanan terhadap panas juga ada batasnya," katanya.

Jika dibandingkan dengan tim pemadam kebakaran di sejumlah negara Eropa, menurut dia, sudah cukup ideal seperti perlengkapan perlindungan diri yakni 'fire jacket', sarung tangan, kerudung dan helm yang memadai.

Menurut dia, perlengakan pemadam kebakaran yang digunakan untuk satu petugas tersebut jika dinilaikan dengan uang harganya mencapai Rp200 juta.

"Kelengkapan alat pemadam mutlak harus ada karena tanpa pakaian pelindung dapat menyebabkan luka bakar serius yang dialami petugas," katanya.

Meskipun belum ideal, kata Ahmad, jajarannya tetap semangat untuk kemanusiaan menanggulangi bencana kebakaran.

Bahkan, Ahmad mengaku masih bangga karena berdasarkan informasi sejumlah negara di kawasan Asean mengakui petugas pemadam kebakaran di Indonesia paling sigap dan mampu menangani setiap kebakaran.

"Negara tetangga sudah tahu kalau Damkar Indonesia jadi salah satu yang terbaik dan layak diperhitungkan," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,