65 Jamaah Meninggal, 154 Lainnya Terluka Korban Crane Jatuh

65 Jamaah Meninggal, 154 Lainnya Terluka Korban Crane Jatuh

Mekah - Sedikitnya 65 jamaah calon haji meninggal dunia dan 154 jamaah lainnya mengalami luka-luka, akibat jatuhnya alat berat (crane) di Masjidilharam. Crane tersebut tumbang, saat badai datang di tengah hujan es yang melanda Kota Mekah, Jumat (11/9/2015) malam.

 

Data tersebut dilansir dari pihak otorita pertahanan sipil Arab Saudi kepada Al Jazeera, Jumat (11/9) petang. Mereka menjelaskan, crane jatuh di area lantai tiga Masjidilharam sekitar pukul 17.45 waktu setempat. "Puluhan mobil ambulans sudah tiba di lokasi dan area Masjidilharam ditutup untuk sementara waktu,” kata pihak otorita setempat.

 

Dari pantauan Al Jazeera, tempat kejadian memang menjadi area renovasi masjid yang sarat dengan alat-alat berat. Kejadian nahas tersebut bermula saat hujan es dan angin kencang terjadi sekitar pukul 17.30 waktu setempat. Begitu derasnya, hujan pun merobohkan salah satu crane dan menimpa jamaah calon haji yang tengah melaksanakan tawaf.

 

Insiden tersebut sangat mengguncang para jamaah calon haji,  karena korban berjatuhan sebelum memasuki puncak haji yang akan dilaksanakan pada 21 September 2015 mendatang.

 

Akibat kejadian tersebut, saat ini kegiatan tawaf di Kabah terpaksa dihentikan terlebih dahulu sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan. Akibat kejadian itu, Gubernur Mekah memerintahkan untuk dilakukan penyelidikan, termasuk secepatnya melaksanakan evakuasi terhadap para korban dengan sebaik-baiknya. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:,