Jabatan Menpan RB Diperebutkan

Jabatan Menpan RB Diperebutkan

Lembang - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi menyebut jabatan yang diembannya di era pemerintahan Presiden Jokowi mulai diperebutkan karena dinilai cukup strategis.

"Biasanya (sebelumnya) partai tidak mempersoalkan siapa menjadi Menpan-RB, bukan tempat yang perlu diperebutkan, tapi saat 'reshuffle' kemarin banyak yang memperebutkan posisi Menpan-RB, karena banyak yang baru sadar sedemikian rupa peran strategisnya," ujar Yuddy di sela gathering jurnalis peliput reformasi birokrasi di Lembang, Jawa Barat, Jumat malam (11/9/2015).

Dia mengatakan di era Jokowi, seluruh kementerian dituntut mengedepankan transparansi kepada publik, tidak terkecuali Kemenpan-RB. Dengan demikian posisi tugas dan wewenang Kemenpan-RB mulai diketahui publik.

Ia menjabarkan Menpan-RB bisa memberikan sanksi kepada instansi yang lalai dalam pelayanan publik, Menpan-RB diberikan kewenangan melakukan penataan terhadap sistem administrasi, Menpan-RB juga menjadi salah satu tim penilai akhir dari jabatan tinggi pemerintahan.

"Jadi kalau sekarang Menpan-RB mendapatkan kritikan tajam, dan ada pengamat yang kontra sampai meminta Menpan-RB di-reshuffle itu karena konsekuensi dari era keterbukaan, sehingga orang mulai tahu perannya seperti apa, saya tidak terlalu 'surprise' kalau tekanan politiknya menjadi tinggi," kata dia.

Yuddy secara pribadi mengatakan dirinya sebagai Menpan-RB saat ini semata-mata ingin memberikan kinerja terbaik sebagai pembantu presiden.

Kemenpan-RB, kata dia, akan terus lurus bekerja bak memakai 'kaca mata kuda' dengan tetap mengacu pada konstitusi, presiden dan akal sehat, di tengah maraknya tekanan politik.

"Saya sama sekali tidak punya agenda politik apalagi agenda pribadi. Saya hanya mau bekerja tulus menjadi pembantu presiden demi bangsa. Setelah menjadi menteri saya mau kembali ke kampus, mengajar," jelas dia. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,