"Guru Bangsa Tjokroaminoto" Film Terpuji FFB 2015

Bandung-Film "Guru Bangsa Tjokroaminoto" produksi Piklok Film, MSH Film, dan Yayasan Keluarga Besar HOS Tjokroaminoto akhirnya keluar sebagai Film Terpuji Festival Film Bandung 2015 di Monumen Perjuangan Jawa Barat 2015, Sabtu (12/9/2015).

Piala penghargaan Film Terpuji itu diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar,  Ketua FFB Eddy D Iskandar, Ketua Pembina Chand Parwez Servia, serta Firman Bintang.

Film besutan sutradara kawakan Garin Nugroho ini, sejak awal banyak yang  prediksi akan keluar sebagai pemenang, mengingat film ini selain digarap apik dan cermat, juga banyak memasukan unsur-unsurnya ke dalam  daftar nominasi saat diumumkan bulan Agustus 2015.

Kemenangan film ini berarti  mampu menyingkirkan pesaing-pesaingnya yakni film "2014: Siapa di Atas Presiden" garapan sutradara  Hanung Bramantyo,  "Pendekar Tongkat Emas", "Surga Yang Tak Dirindukan" , dan "Toba Dreams".

Produksi film berlatar pada abad 19 ini juga mengantarkan Ipung Rachmat Syaiful sebagai Penata Kamera Terpuji dan Allan Sebastian sebagai Penata Artistik Terpuji.

Selain itu skenario novel "Filosofi Kopi" yang dutulis Jenny Yusuf ke layar film sukses meraih predikat Penulis Skenario Terpuji.

Untuk Penyutradaraan diberikan kepada Benni Setiawan untuk filmnya "Toba Dreams". Benni memang pantas membawa pulang piala. Sebelumnya pria yang malam itu tampil bertopi baret ini pernah menggarap film "Laskar Pelangi2; Edsor", "Madre" dan "Love and Faith".

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menuturkan apresisinya akan dunia film dan festival sebab Festival Film Bandung menjadi satu-satunya festival film yang diselenggarakan tanpa terputus setiap tahunnya. "Kita memang harus mengakui sekaligus membanggakan sebab dalam kondisi apa pun, film Indonesia tak pernah mati, festival lain boleh berjalan tidal lancar, tetapi FFB  tidak pernah henti ini menandakan film Indonesia tidak pernah mati," ungkapnya.

Sayang sutradaranya Garin Nugroho tidak bisa hadir  sehingga tidak ikut merasakan getaran kemenangan dan kebahagiaan bagi kesuksesan film perjuangan pahlawan nasional Tjokroaminoto garapannya.

Film ini juga menghantarkan

Hasil pemenang FFB 2015 diantaranya: Film Terpuji FFB 2015- "Guru Bangsa Tjokroaminoto"
-Sutradara Terpuji - Benni Setiawan (Toba Dreams)
- Skenario Terpuji -Jenny Jusuf (Filosopi Kopi The Movie)
-Editing Terpuji -Sastha Sunu dan Kevin Nugroho (Supernova)
-Kamera Terpuji -Ipung Rachmat Syaiful (Guru Bangsa Tjokroaminoto)
-Penata Artistik Terpuji- Allan Sebastian (Guru Bangsa Tjokroaminoto)
-Penata Musik Terpuji-Andhika Triyadi (Air dan Api) dan Erwin Gutawa (Pendekar Tongkat Emas)
-Pemeran Utama Pria Terpuji-Deddy Soetomo (Nencari Hilal) dan Vino G Bastian (Toba Dream)
-Pemeran Utama Wanita Terpuji- Laudya Chyntia Bella (Syurga Yang Tak Kurindukan)
-Pemeran Pembantu Pria  Terpuji-Ray Sahetapi (2014:Siapa di Atas Presiden)

-Pemeran Pembantu Wanita Terpuji-Raline Shah (Surga Yang Tak Dirindukan) dan Prisia Nasution (Comic-8:Casino Kinga part 1). (Ode).**

.

Categories:Film,
Tags:,