Kaji Ulang Izin Usaha Sektor Pertanian

Kaji Ulang Izin Usaha Sektor Pertanian

Kaji Ulang Izin Usaha Sektor Pertanian

Jakarta - Presiden Jokowi diminta untuk memberikan instruksi kepada Menteri Pertanian guna mengkaji kembali izin usaha perkebunan yang sudah ada. Wakil Direktur Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (Elsam) Wahyu Wagiman mengatakan, permintaan itu lantaran izin yang sudah ada selama ini masih dalam kondisi bermasalah.
 
"Sebagian besar lahan perkebunan bermasalah sejak awal, sehingga penting bagi mentan yang baru melihat dan meriview kembali izin yang sudah diterima perusahaan besar," kata Wahyu di Jakarta, Minggu (2/11/2014).
 
Selain itu, Menteri Pertanina Amran Sulaiman juga harus melakukan uji tuntas terhadap Hak Asasi Manusia (HAM), yang berkaitan dengan regulasi yang telah diterbitkan Kementerian Pertanian. "Bagaimana dengan amdal, dampak sosial yang terjadi dari pembangunan perusahaan yang terjadi," tambahnya.
 
Menurutnya, mengkaji kembali izin dan uji tuntas HAM dinilai sangat penting lantaran berkaitan dengan kontribusi dari perusahaan besar, dalam memberikan kontribusinya terhadap kesejahteraan masyarakat tercapai atau tidak.
 
"Mentan harus berani melakukan uji tuntas HAM, untuk meminimalisiir konflik perusahaan besar dan kecil terhadap masyarakat, jadi tugas Jokowi adalah menyejahterakan masyarakat dan memberikan pendapatan kepada negara," tegasnya. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:nasional,