Sungai Tercemar, Warga Bangir Dilarang Mengonsumsi

Sungai Tercemar, Warga Bangir Dilarang Mengonsumsi

Padang Aro - Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat mengimbau masyarakat di Kecamatan Sangir Balai Janggo untuk sementara tidak menkonsumsi air sungai yang tercemar.

"Air sungai di SBJ memang masih jernih, tetapi semua aktivitas warga dilakukan di sana sehingga tidak sehat lagi untuk dikonsumsi," kata Kasi Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Solok Selatan Abdul Haris di Padang Aro, Selasa (15/9/2015).

Dia mengatakan, berdasarkan tinjauan ke empat nagari di SBJ, pihaknya melihat kondisi dua aliran sungai yang dimanfaatkan oleh warga sudah tercemar. Semua warga memanfaatkan dua aliran sungai tersebut untuk mandi, mencuci, buang air dan lainnya.

"Melihat penggunaan air tersebut diduga sungainya sudah tercemar baik itu oleh deterjen dan kotoran lainnya sehingga tidak sehat lagi untuk dikonsumsi," katanya.

Dia menyebutkan, untuk aliran sungai Batang Ikua yang dimanfaatkan oleh masyarakat Talunan, Sungai Gadiang dan Tahap II kondisi airnya memang masih jernih tetapi agak berbau.

Sedangkan aliran sungai Batang Ganeh yang dimanfaatkan warga di Sungai Kunyit katanya, alirannya sudah kecil sedangkan warga berbondong-bondong ke sana untuk mengambil air serta memanfaatkannya untuk mandi dan mencuci. "Kita akan berkoordinasi dengan puskesmas setempat untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat supaya tidak mengkonsumsi air sungai," katanya.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan, Sumardianto mengatakan warga di SBJ memang membutuhkan suplai air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

"Sumur warga yang memiliki kedalaman 14 meter sudah kering sehingga mereka memanfaatkan sungai yang masih mengalir untuk kebutuhan sehari-hari," katanya.

Wali Nagari Sungai Kunyit Rusnijal mengatakan, saat ini warga memang mengambil air dari aliran sungai Batang Ganeh yang berjarak lima kilometer dari permukiman. "Warga memanfaatkan galon Pamsimas isi 2.000 liter dua unit serta jeriken untuk mengambil air," katanya. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:,