Pintu Masuk Bebas Visa Diperbanyak

Pintu Masuk Bebas Visa Diperbanyak

Jakarta - Pemerintah memperbanyak pintu masuk atau tempat pemeriksaan imigrasi (TPI) tertentu untuk bebas visa kunjungan bagi wisatawan mancanegara (wisman) dari 30 negara dari semula hanya sembilan menjadi 14 pintu masuk dan 50 pintu keluar TPI.

Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana di Jakarta, Selasa (15/9/2015), mengatakan fasilitasi bebas visa akan bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisman 5-25 persen tergantung dari karakter negaranya.

"Sebagaimana evaluasi pelaksanaan 'visa free' tahap pertama yang sudah mampu meningkatkan kedatangan wisman dari 30 negara sebesar 15 persen sedangkan kenaikan secara keseluruhan kunjungan wisman ke Indonesia adalah 2,69 persen," katanya.

Penambahan pintu masuk ini ditetapkan melalui Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 22 Tahun 2015 tentang Tempat Pemeriksaan Imigrasi Tertentu untuk Bebas Visa Kunjungan.

Pitana mengatakan selama ini wisatawan asing yang berasal dari 30 negara yang baru saja mendapatkan kebijakan bebas visa kunjungan hanya bisa masuk dan keluar wilayah Indonesia secara terbatas melalui sembilan TPI.

Namun mulai 4 September 2015, kata dia, sesuai Peraturan Menteri Hukum dan HAM tersebut, wisatawan dapat keluar dan masuk wilayah Indonesia melalui TPI di seluruh Indonesia yang telah terintegrasi dengan sistem informasi dan manajemen keimigrasian.

Pintu masuk diperbanyak menjadi 14 TPI yakni lima bandar udara dan sembilan TPI pelabuhan laut.

Sedangkan pintu keluar diperbanyak menjadi 50 TPI terdiri dari 19 bandara, 29 pelabuhan laut dan dua darat.

Untuk pintu masuk TPI pelabuhan laut yakni di Nongsa Terminal Bahari, Marina Teluk Senimba, Citra Tri Tunas, Bandar Bentan Telani Lagoi, Bandar Seri Udaba Lobam, Tanjung Balai Karimun, Sekupang, Batam Center dan Sri Bintan Pura.

Sedangkan TPI bandara masuk meliputi Bandara Soekarno Hatta, Bandara Juanda, Bandara Ngurah Rai, Bandara Hang Nadim dan Bandara Kualanamu.

Menurut sumber di lingkup pemerintahan, pekan depan akan dilakukan penambahan bebas visa kunjungan terhadap 45 negara baru di antaranya India, Arab, Taiwan dan Afrika Selatan sehingga akan menjadi 90 negara baru tahun 2015 ini. (AY)

.

Categories:Wisata,
Tags:,