Kembali Ahok Legalkan Lagi Minuman Beralkohol

Kembali Ahok Legalkan Lagi Minuman Beralkohol

Jakarta  - Pemerintah Provinsi DKI untuk kembali memperbolehkan penjualan minuman beralkohol dengan kadar di bawah lima persen, atau minuman beralkohol tipe A di toko-toko pengecer dan minimarket di seluruh wilayah di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, hal itu bisa dilakukan jika paket deregulasi ekonomi yang saat ini tengah digulirkan secara bertahap. Itu menyentuh Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 6/M-DAG/PER/1/2015, yang menjadi dasar bagi DKI melarang penjualan minuman beralkohol tipe A di mini market dan toko pengecer sejak tanggal 16 April 2015.

"Kalau nanti ada peraturan yang berubah, kita balikin lagi kayak dulu," kata Ahok di Balai Kota DKI, Selasa 15/9/2015).

Untuk  mengatur peredaran minuman beralkohol di Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI sebenarnya memiliki sebuah peraturan daerah yang memperbolehkan minuman beralkohol tipe A dijual di minimarket dan toko pengecer. 

Namun, Permendag yang diteken oleh Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, membuat peraturan daerah itu tidak bisa lagi menjadi dasar hukum untuk mengatur peredaran minuman beralkohol. Peraturan Menteri yang memiliki legitimasi lebih tinggi, menjadi dasar peredaran minuman beralkohol di seluruh Indonesia.

Oleh karena itu, Ahok mengatakan, bila paket deregulasi membuat kewenangan pengaturan peredaran minuman beralkohol kembali ke Pemerintah Provinsi DKI, ia akan mengembalikan dasar hukum peraturan daerah menjadi aturan utama tentang peredaran minuman beralkohol di Jakarta. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,