Ribuan Guru Terus Berdemo, Ancam Kepung Istana

Ribuan Guru Terus Berdemo, Ancam Kepung Istana

Jakarta  - Ribuan guru honorer mengancam akan terus melakukan aksi demonstrasi, apabila tuntutan mereka  tidak dipenuhi oleh pemerintah pada hari ini.

Menurut Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Sulistyo, seusai bertemu MenPAN RB, Yuddy Chrisnandi mengatakan, pihaknya masih bernegosiasi dengan pemerintah terkait tuntutan mereka. 
 
Saat ini, ribuan guru masih berada di sekitar DPR menanti rapat kerja antara Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi dan Komisi II DPR RI yang berlangsung sore ini, membahas tuntutan para guru. "Kita akan menunggu di sekitar DPR, menunggu hasil rapat," kata Sulistyo, Selasa (15/9/2015).

Ia menjelaskan, mereka yang berada di Jakarta akan terus melakukan unjuk rasa. "Agenda di sini akan tetap kita jalankan jika tidak dipenuhi tuntutan kita, besok kita akan kembali turun ke Kemendikbud, DPR dan Istana Negara," katanya.

Dikatakan Sulistyo, pihaknya meminta seluruh guru honorer agar mendapat penghasilan minimal, serta tunjangan profesi bagi honor dan guru sertifikasi.

Berikut 10 tuntutan Honorer dan Guru:

1. Terbitkan regulasi tentang penuntasan honorer K2 menjadi ASN
2. Berikan upah layak bagi honorer sebesar UMP
3. Angkat seluruh guru honorer menjadi PNS
4. Tingkatkan kesejahteraan tenaga honorer dalam APBD di daerah provinsi, kabupaten dan kota, berikan jaminan kesehatan melalui peserta PBI
5. Tetapkan anjab dan ABK untuk tenaga honorer dalam E formasi
6. Beri kesempatan sertifikasi
7. Tolak ujian kompetensi guru (UKG)
8. Hapus ujian juknis TPG
9. Cabut permen PANRB No. 16 Tahun 2009
10. Moratorium ASN reguler untuk tuntaskan seluruh tenaga honorer. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,