Diprediksi Penghujan di Bandung Raya Pertengahan Oktober Ini

Diprediksi Penghujan di Bandung Raya Pertengahan Oktober Ini

Bandung - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung memprediksi penghujan di wilayah Bandung Raya mulai pekan kedua Oktober 2015 atau atau mengalami pemunduran akibat pengaruh El Nino.


"Kemungkinan untuk musim penghujan wilayah Bandung dan sekitarnya dimulai pada bulan Oktober dasarian dua hingga bulan November dasarian satu. Namun kita masih menunggu press rilis dari BMKG Pusat," kata Prakirawan BMKG Bandung, Jadi Hendarmin, Selasa (15/9/2015).
.
Jadi mengatakan  pada umumnya awal musim penghujan untuk Bandung dan sekitarnya itu dimulai pada September dasarian tiga sampai dengan Oktober dasarian dua. Bahkan, akibat gejala El Nino yang cukup menguat, kemunduran musim penghujan akan terjadi antara satu atau dua dasarian.

Pantauan  kondisi global tahun ini, peluang Elnino itu menguat pada bulan September hingga bulan November. Sedangkan berdasarkan prediksi, peluang El Nino akan mulai berkurang pada bulan Desember.

"Jika melihat kondisi yang ada untuk bulan Desember, kemungkinan untuk wilayah Jawa Barat masuk dalam kategori musim penghujan," kata dia.

Lebih lanjut ia menyebutkan saat ini peluang hujan wilayah Bandung dan sekitarnya masih di bawah normal. Pasalnya, sejauh ini hanya berkisar sampai antara 0 - 21 mm dalam satu bulannya. sedangkan, untuk normal sendiri harus mencapai minimal 55 mm.

Terkait prediksi  gejala Elnino pada tahun ini termasuk yang terkuat, Kepala Sub Bidang Informasi BMKG, Herry Tirto Djatmiko menegaskan, musim kemarau disertai fenomena Elnino yang menerpa sebagian wilayah di Indonesia, masih dalam kategori sedang. Menurutnya, fenomena Elnino yang paling terkuat itu tejadi justru pada kurun waktu tahun 1997 - 1998.

"Untuk prediksi fenomena Elinino tahun ini indeks anomalinya hanya mencapai 1,5. Sedangkan untuk kurun waktu tahun 1997 - 1998 indek anomalinya mencapai hampir 2,5," kata Herry.

Menurutnya, berdasarkan rekap data yang dimiliki BMKG, gejala El Nino tahun ini masih dalam kaegori sedang hingga akhir tahun. Namun, prediksi tersebut akan terus berubah setiap bulannya hingga bulan Desember mendatang.

"Itu prediksi sampai Desember, gambarnya grafiknya sedang, Jadi masih terkuat pada 1997. Nanti akan di up date setiap bulannya sesuai perkembangan," kata Herry menambahkan.(Ode)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,