Mengonsumsi Ikan dapat Mencegah Depresi?

Mengonsumsi Ikan dapat Mencegah Depresi?

Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Epidemiology & Community Health menunjukkan bahwa orang-orang yang banyak mengonsumsi ikan memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami depresi.

Dalam penelitian ini mereka menemukan bahwa ternyata laki-laki yang menjalankan diet dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan ikan mengalami penurunan risiko depresi hingga 20 persen, sedangkan untuk perempuan mengalami penurunan hingga 16 persen.

Para peneliti mengemukakan bahwa kandungan asam lemak omega-3 pada ikan dapat mengubah struktur membran otak. Tak hanya itu, kandungan tersebut juga diduga dapat memodifikasi aktifitas neurotransmiter (zat kimia pembawa pesan), seperti dopamin dan serotonin, di mana kedua zat tersebut memiliki keterlibatan terhadap munculnya depresi. 

Selain memiliki kualitas protein, vitamin, dan mineral yang tinggi, banyak mengonsumsi ikan tidak hanya dapat membantu mencegah penyakit, tetapi juga merupakan indikator dari kebiasaan diet yang lebih sehat dan bernutrisi.

Namun seperti yang dilansir DailyMail.co.uk, para peneliti juga masih menyarankan penelitian lebih lanjut mengenai temuan ini. Profesor Dongfeng Zhang dari Fakultas Kedokteran Universitas Qingdao, Shandong, Cina, juga mengatakan bahwa hubungan antara konsumsi ikan dengan risiko depresi masih diperdebatkan.

Profesor Zhang juga mengatakan bahwa mengonsumsi ikan mungkin memiliki manfaat untuk mencegah depresi, akan tetapi penelitian lebih lanjut masih sangat diperlukan untuk mengetahui jenis ikan apa saja yang dapat dikonsumsi, kapan saja ikan tersebut harus dikonsumsi dan bagaimana cara terbaik untuk mengonsumsinya. (Ode)**

.

Categories:Gaya hidup,
Tags:,