DPRD Jabar Dorong Pembangunan PLTSa

DPRD Jabar Dorong Pembangunan PLTSa

Skema PLTSa

Bandung - Komisi IV DPRD Jabar mendorong program pembangunan pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) Gede Bage sebagai solusi terbaik untuk mengatasi persoalan sampah di Kota Bandung.

"DPRD khususnya dari Komisi saya yang membidangi masalah lingkungan berharap PLTSa bisa segera dilaksanakan," kata Anggota Komisi IV DPRD Jabar Yod Mintaraga kepada wartawan di Bandung, Minggu (02/11/2014).

Ia menuturkan, volume sampah yang dihasilkan di Kota Bandung terus bertambah seiring dengan terus berkembangnya pembangunan dan bertambahnya penduduk.

Tempat pembuangan sampah yang memadai, lanjut dia, diperlukan, karena sampah merupakan persoalan yang mendesak sehingga harus segera disiapkan.

"Sampah adalah masalah mendesak yang harus diselesaikan di Kota Bandung, apalagi masa pakai TPSA Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat akan segera berakhir," katanya.

Ia berharap, Pemerintah Kota Bandung memiliki keberanian dan ketegasan untuk terus melanjutkan pembangunan PLTSa, meskipun ada pihak tertentu yang melakukan penolakan.

Menurut dia, pro dan kontra terhadap program pembangunan merupakan hal biasa, tetapi kebijakan pemerintah tetap harus dijalankan, tidak terpengaruh oleh pihak yang menolak PLTSa.

"Meski ada alasan penolakan tetap harus menjadi bahan pertimbangan, namun yang jelas ini (PLTSa) sudah melalui mekanisme dan proses mendalam," kata politisi Golkar itu.

Ia berharap, program pembangunan PLTSa dapat dipahami oleh seluruh pihak, karena kebijakan pemerintah itu tentunya untuk kebaikan masyarakat luas.

"Kalau ada dampak negatif, ya bagaimana meminimalisasi dampak negatifnya, agar tidak memberikan kerugian yang lebih besar bagi masyarakat," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,