Pesilat Jabar Kuasai TGR Popnas

Pesilat Jabar Kuasai TGR Popnas

Pesilat Putri Jabar (luki.job/galamedia)

Bandung - Tim Pencak silat Jawa Barat menguasai nomor seni gerak atau TGR Popnas XIII/2015 setelah merebut empat medali emas dan satu perunggu di Hotel Grand Pasundan Kota Bandung, Rabu (16/9/2015).

Jabar memastikan menguasai nomor seni TGR setelah tiga kategori final yang dipertandingkan pada hari ini dimiliki oleh Jabar yakni ganda putra, regu putra dan putri. Sehari sebelumnya Jabar dapatkan emas di kategori ganda putri.

"Permainan tadi cukup 'fair' penilaian seperti yang kita harapkan. Penilaian yang tadi itu benar-benar 'real' dan anak-anak Jabar di final ini tampil luar biasa," kata Kepala Pelatih Pencak Silat Jabar Syakera Pujasmedi.

Nomor seni TGR Jabar awalnya hanya menargetkan dua medali emas saja, namun diluar dugaan Jabar berhasil melampui targetan dengan meraih empat medali emas.

"Target emas Jabar di nomor TGR itu dua, target itu di tunggal putra dan regu putri. Tapi untuk tunggal putra kita tidak dapat medali malah empat (ganda putra dan putri serta regu putra dan putri) nomor lainnya kita dapet medali emas. Ini sesuatu yang luar biasa," kata Syakera.

Regu putri Jabar yakni Okeu Oktaviani, Siti Nuraina dan Yesi Apeani tampil tanpa beban meski di targetkan untuk meraih medali emas. Regu putri Jabar meraih skor tertinggi 464. Diikuti oleh wakil DKI Eny Tri Susilowati, Riana Oktavia dan Riva Hijrah dengan skor 455 dan wakil asal Sulteng Anastasya Aprillia, Annisa Amalia Ramadhani dan Nur Fadila dengan skor 458.

"Lawan terberat kita memang dari Sulteng dan DKI. Tapi kita hari ini tidak melihat lawan, kita hanya bermain enjoy dan fokus," kata Okeu.

Emas berikutnya juga lahir dari ganda putra Jabar yang diraih oleh Ardianto/Kiki Nugraha dengan nilai tertinggi 571. Sementara diperingkat kedua DKI Rizki Fakhri/Rizki Fakhran dengan skor 566 dan diperingkat ketiga Jatim Edi Susanto/Fajar Dwi Wicaksana dengan skor 563.

"Saya pribadi sangat bahagia karena ini Popnas terakhir untuk saya dan saya berhasil meraih medali emas, dua tahun lalu kalah dari DKI dan sekarang saya berhasil membalasnya," kata Kiki.

Kategori regu putra, emas Jabar diraih oleh Kresna Banyu, Rano Slamet Nugraha dan M. Hendri Solahudi dengan skor 463. Dibawahnya ada regu DKI Dandy Julhaidy, Nabil Haidar dan Raihan Bintang dengan skor 459 dan Jatim Ahmad Faizal Cholis, Ilham Maulid dan Rizal Esa Mahendra dengan skor 458.

Sementara itu pada nomor kelas tanding Jabar berpeluang meraih medali emas kembali setelah tiga wakil Jabar masuk di nomor final, yakni kelas F (50-63 kg) putra, kelas H (67-71) putra dan kelas I (71-75 kg) putra. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,