317 Pengusaha di Bandung Registrasi Usaha

317 Pengusaha di Bandung Registrasi Usaha

Ridwan Kamil (fokusjabar.com)

Bandung - Sebanyak 317 pengusaha di Kota Bandung meregistrasi usahanya sekaligus menjadi wajib pajak daerah setelah mendapat sosialisasi hingga peringatan terkait wajib pajak di Kota Kembang.

" Dalam seminggu setelah kita berikan sosialisasi ada 317 wajib pajak baru di Kota Bandung," kata Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil di Balaikota, Rabu (16/9/2015).

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, sebanyak 317 wajib pajak baru tersebut terdiri atas pengusaha hotel, restoran dan jenis usaha lainnya.

Yang mengagetkan, kata dia ternyata ada juga beberapa perusahaan-perusahaan besar yang kedapatan baru diregistrasikan sekarang oleh pemiliknya.

"Ternyata ada hotel besar juga yang baru daftar. Hal itu menunjukan bahwa memang banyak sekali pelaku-pelaku usaha yang belum meregistrasi usahanya," katanya.

Emil berharap, hingga batas waktu yang ditetapkan yaitu 7 Oktober 2015 , akan ada lebih banyak pengusaha yang meregistrasikan usahanya. Ia tidak bisa memprediksi berapa jumlahnya namun tidak menutup kemungkinan bisa mengejar hingga angka seribu pengusaha.

"Bila dari 1.000 pengusaha itu bayar setahunnya dipukul rata Rp100 juta, artinya sudah ada Rp 100 miliar pemasukan yang selama ini hilang. Kira-kira begitu," katanya.

Emil mengatakan, 317 pengusaha itu merupakan mereka yang secara sukarela mendaftar resmi. Meski begitu, memang tidak dipungkiri masih ada pengusaha lain yang belum mendaftar dan Pemkot Bandung akan menunggu hingga 7 Oktober mendatang.

"Perkiraan memang masih banyak. Tidak hanya hotel, tapi semua usaha yang formal. Saya cukup optimis dengan cara seperti ini target bisa tercapai," kata Emil menambahkan. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,