Prediksi AS Roma Vs Barcelona

Prediksi AS Roma Vs Barcelona

Roma - Skuat kota Abadi Roma tidak perlu berkecil hati menghadapi pasukan Catalan. Bertengger di peringkat kedua klasemen Serie A musim lalu, I Giallorossi dapat merayakan pesta bertajuk Liga Champions.

Roma terus banyak belajar. Kalah 1-7 dari Bayern Muenchen di fase grup Liga Champions 2014/15 dan hasil negatif di Trofeo Joan Gamper 2015 kontra Barca akhirnya mendapati bahwa kekalahan dan kesulitan hidup tidak bisa diprediksi kapan datangnya.

Yang ada tinggal berjuang. Batu ujiannya, AS Roma menantang Barcelona dalam laga pertama babak penyisihan Grup E Liga Champions yang digelar di Stadion Olimpico, Roma, pada Rabu waktu setempat, atau Kamis dini hari, pukul 01.45 WIB. Duel ini akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Sebagai latar belakang, Roma di bawah asuhan pelatih Rudi Garcia menelat tiga kekalahan dari lima laga kandang di jalur kompetisi Eropa musim lalu. Ini termasuk kekalahan 1-7 dari juara Bundesliga Bayern Muenchen.

I Giallorossi juga mencatat kemenangan 2-1 di laga kandang dan menang di laga tandang melawan Real Madrid ketika mereka melawan kampiun dari La Liga itu di babak 16 besar Liga Champions musim 2006/07. Catatan laga kandang mereka secara keseluruhan melawan klub asal negeri Matador itu yakni enam kali menang, lima kali kalah, dan belum pernah imbang.

Sementara, di kubu Barcelona, laga ini merupakan pertandingan 102 hari sejak Barcelona mengalahkan Juventus untuk meraih peringkat kelima Piala Eropa yang diadakan di Olympiastadion di Berlin.

Klub asuhan pelatih Luis Enrique ini meraih empat kemenangan dari enam laga tandang di kompetisi musim lalu dengan mencetak 15 gol secara keseluruhan.

Los Azulgrana hanya mengemas sekali menang dari enam laga yang dihelat di Italia. Menang 3-1 atas AC Milan di babak penyisihan grup Liga Champions musim 2011/12. Rekor mereka secara keseluruhan dari 20 laga tandang melawan tim asal Serie A yakni enam kali menang, delapan kali imbang, dan enam kali kalah.

Komentar dua pelatih:

* Rudi Garcia (AS Roma):
"Barcelona berjuang mempertahankan gelar sebagai juara Eropa. Jika mereka bukan tim yang terbaik di dunia, tentu mereka tidak terpilih sebagai salah satu tim hebat di dunia sekarang ini. Untuk itu, kami akan tampil bermain dengan bersemangan dan penuh ambisi meraih kemenangan."

"Kami bertekad menampilkan laga berkualitas dan inilah kesempatan pertama dari enam laga yang membuka kami dapat meraih poin. Kami harus mampu bermain secara tim, dengan mengandalkan pertahanan yang kokoh dan serangan yang efektif."

* Luis Enrique (Barcelona):
"Saya kembali ke Roma dengan sejumlah kenangan di tahun-tahun lalu. Kenangan yang sarat pengalaman. Roma tempat di mana saya punya kenangan positif. Bagi saya, pertandingan ini begitu spesial. Hanya saja yang terpenting, kami mampu menang dan melaju ke babak selanjutnya Liga Champions."

Prediksi susunan pemain:

* AS Roma (4-3-3):
Szczesny (penjaga gawang), Digne, De Rossi, Manolas, Maicon, Nainggolan, Keita, Florenzi, Iago Falque, Dzeko, Salah
Pemain cadangan:
De Sanctis, Castan, Vanqueur, Torrisidis, Gervinho, Iurbe, Totti
Absen: Pjanic, Strootman, Capradossi, Rudiger (cedera)

* Barcelona (4-3-3):
Ter Stegen (penjaga gawang), Sergi Roberto, Pique, Mascherano, Alba, Rakitic, Busquets, Iniesta, Messi, Suarez, Neymar
Pemain cadangan:
Masip, Bartra, Adriano, Mathieu, Rafinha, Munir, Gumbau
Absen: Vermaelen, Alves, Bravo, Douglas (cedera)

Data dan fakta:

* Roma tampil untuk kesembilan kalinya di ajang Liga Champions. Penampilan terbaik mereka di babak kuarter-final Liga Champions musim 2006/07 dan 2007/08 di bawah asuhan pelatih Luciano Spaletti.
* Roma belum pernah menorehkan clean sheet dari 14 pertandingan di ajang Liga Champions. Satu di antaranya yang terakhir ketika melawan Arsenal pada Maret 2009 (1-0).
* Sebagai manajer, Rudi Garcia hanya meraih tiga kemenangan dari 18 kali melakoni Liga Champions (lima kali imbang dan sepuluh kali imbang), semuanya ketika membesut Lille dan Roma.
* Roma tidak akan diperkuat oleh Miralem Pjanic. Pemain ini mengalami cedera ketika membela timnas Bosnia-Herzegovina, dengan gelandang Kevin Strootman yang juga menjalani pemulihan cedera.  
* Radja Nainggolan kembali masuk ke starting XI berkongsi dengan Seydou Keita, sementara pemain veteran Francesco Totti mengincar target mencetak gol ke-300 bagi Roma.
* Di lini depan, besar kemungkinan Roma menurunkan Gervinho, Salah dan Falque untuk mendukung Edin Dzeko. Di bawah mistar gawang, kepercayaan diberikan kepada Wojciech Szczesny.
* Di kubu Barcelona, Claudo Bravo masih bergelut dengan cedera betis, posisinya akan diisi oleh Marc-Andre ter Stegen.
* Gerard Pique yang terkena suspensi di ajang domestik, akan turun di ajang Eropa ini. Ini lantaran Thomas Vermaelen mengalami cedera ketika melawan Atletico. 
* Dengan absennya Dani Alves, maka pemain muda Sergi Roberto akan didaulat mengisi posisi bek kanan.  * Barcelona meraih 10 kemenangan dari 11 laga di ajang Liga Champions, termasuk laga babak penyisihan.
* Barcelona sekurang-kurangnya menyarangkan dua gol dalam 11 laga dari 12 pertandingan di Liga Champions.  
 
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* AS Roma: W W D W W

12/9/15 Frosinone 0 - 2 AS Roma
30/8/15 AS Roma 2 - 1 Juventus
22/8/15 Hellas Verona 1 - 1 AS Roma
14/8/15 AS Roma 6 - 4 Sevilla
8/8/15 Valencia 1 - 3 AS Roma

* Barcelona: W W W D L

12/9/15 Atlético Madrid 1 - 2 Barcelona
29/8/15 Barcelona 1 - 0 Málaga
23/8/15 Athletic Bilbao 0 - 1 Barcelona
17/8/15 Barcelona 1 - 1 Athletic Bilbao
14/8/15 Athletic Bilbao 4 - 0 Barcelona

Head To Head:

5/8/15 Barcelona 3 - 0 AS Roma
26/2/02 AS Roma 3 - 0 Barcelona
 2/20/02 Barcelona 1 - 1 AS Roma

Prediksi hasil laga (Goal.com): 

* AS Roma 1 - 3 Barcelona (16 persen)
* AS Roma 0 - 4 Barcelona (12 persen)
* AS Roma 0 - 3 Barcelona (10 persen)
 
Prediksi jalannya laga:
* Lionel Messim yang istirahat di akhir pekan lalu, siap bahu membahu menggalang lini serang yang ofensif bersam dengan Neymar dan Suarez.
* Messi bersama dengan Neymar boleh jadi saling berbagi untuk mengukuhkan diri sebagai pencetak gol terbanyak turnamen ini.
* Neymar berharap meraih kemenangan keenam dalam penampilannya di Liga Champions.
* Roma juga sedang berada dalam kepercayaan diri setelah memperoleh kemenangan krusial melawan Juventus. Lini pertahanan tim asuhan pelatih Rudi Garcia perlu lebih berhati-hati dengan pergerakan serba cepat dari lini depan pasukan Catalunya. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,