Kamar Pemondokan Haji Indonesia Terbakar di Lantai 8

Kamar Pemondokan Haji Indonesia Terbakar di Lantai 8

Mekah - Jemaah di pemondokan Nomor 403, Hotel Sakkab Al Barakah di wilayah Aziziah, Kamis dini hari dievakuasi ke pemondokan 301 karena sebuah kamar jemaah di lantai 8, yaitu 801 terbakar akibat penanak nasi yang ditinggal umrah oleh penghuni kamar.

"Penanak nasi dibiarkan menyala oleh penghuninya, padahal umrah berjalan lebih dari dua jam," kata Kepala Seksi Perlindungan Jamaah Daerah Kerja Makkah pada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1436H/2015M Jaetul Muchlis Bashir di Mekah, Arab Saudi, Kamis (17/9/2015).

Akibatnya kamar 801 tersebut terbakar dan menghanguskan seluruh isi kamar tersebut. "Tidak ada korban jiwa, namun seluruh barang bawaan milik jemaah habis terbakar," katanya.

Kamar 801 tersebut dihuni oleh dua orang yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 61 dari Embarkasi Surabaya (SUB) Jawa Timur.

Muchlis mengingatkan agar jamaah yang ingin keluar pemondokan memeriksa peralatan listrik yang masih menyala, terutama penanak nasi dan lainnya, agar tidak menimbulkan kebakaran karena kamar ditinggal.

"Meninggalkan rice cooker dalam keadaan menyala ketika ibadah (umrah) merupakan tindakan sangat ceroboh," ujar dia.

AKibat kebakaran tersebut, tidak hanya kamar jamaah yang isinya habis terbakar, tetapi juga penghuni seluruh hotel berlantai 10 itu terpaksa dievakuasi sementara, karena asap tebal memenuhi lorong hotel.

Petugas pemadam kebakaran dan kepolisian datang tidak lama setelah petugas Sektor 4 menghubungi mereka. Meskipun tidak ada korban jiwa, diakui Muchlis, ada dua orang yang mengalami lemas karena menghirup asap tebal. "Keduanya berisiko tinggi dan sudah uzur," katanya.

Setelah api dipadamkan, petugas pemadam kebakaran dan tim kesehatan melarang jamaah tinggal di dalam pemondokan karena bau asap masih sangat kuat.

"Untuk sementara jamaah dipindahkan ke pemondokan 310, di Hotel Holliday Inn," kata Muchlis.

Dalam 1 x 24 jam, jamaah yang tinggal di lantai 1 sampai 7 bisa kembali ke pemondokan 403. Namun untuk lantai 8 ke atas harus menunggu sampai bau asap menghilang, karena khawatir menimbulkan sesak nafas. (AY)

.

Categories:Internasional,
Tags:,