150 Tim Pemeriksa Hewan Kurban Dilepas Deddy Mizwar

150 Tim Pemeriksa Hewan Kurban Dilepas Deddy Mizwar

Bandung- Pelaksana Harian Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar melepas Tim Pemeriksa Hewan Kurban Tahun 2015/1436 Hijriah tingkat Provinsi Jawa Barat, di halaman Gedung Dinas Peternakan Jawa Barat, Kota Bandung, Jumat (18/9/2015).


"Pelepasan Tim Pemeriksa Hewan Kurban ini merupakan bentuk perlindungan yang dihadirkan oleh pemerintah untuk masyarakat terkait hewan kurban yang akan disembelih itu memenuhi higienitas kesehatan dan syariat Islamnya. ," kata Deddy Mizwar.

Pada kesempatan tersebut Plh Gubernur Jawa Barat melepas 150 petugas Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban.

"Untuk seremonial tadi kita melepas 150 petugas, tapi total yang disiagakan itu jumlahnya mencapai 500 orang petugas," kata dia.

Pihaknya menuturkan dengan adanya keberadaan tim tersebut maka daging hewan kurban yang disembelih dan dikonsumsi oleh masyarakat Jawa Barat nanti terjamin kehalalannya, aman, utuh dan sehat.

Ia menuturkan petugas tersebut nantinya akan memeriksa kesehatan hewan kurban sebelum dan sesudah disembelih.

Lebih lanjut ia mengatakan dari aspek pembudidayaan hewan dan agama, Pemprov Jawa Barat menetapkan anjuran klasifikasi hewan kurban yang baik dan layak sebagaiman tertuang dalam Permentan Nomor 114/Permentan/PD.410/9/2014 tentang Pemotongan Hewan Kurban.

"Jadi hewan kurbannya adalah ternak jantan, cukup umur, tidak cacat dan harus diperhatikan kesejahteraan hewannya," kata dia.

Alasan lain pihaknya menganjurkan agar hewan kurban yang dipotong adalah ternak jantan karena hal tersebut agar tidak mengganggu populasi ternak dan kesesuaian harga akibat adanya peningkatan permintaan dan persediaan.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat Dody Firman Nugraha menambahkan pemeriksaan hewan kurban di tingkat kabupaten/kota di wilayah Jabar sudah mulai dilakukan sejak H-12 dan akan terus dilaksanakan sampai dengan hari tarsik.

"Sedangkan sosialisasi dan bimbingan teknis atau pelatihan terkait pemotongan hewan qurban telah dilaksanakan dari H-30," kata Dody.(Ode)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,