Gelaran Festival BNKPN sebagai Kekuatan Bangsa

Gelaran Festival BNKPN sebagai Kekuatan Bangsa

Tarian Geleng dari Aceh meramaikan Festival Budaya Nusanta Kawasan Perbatasan Negara 2015. (dudung/cikalnews)

Jakarta-Ketua Badan Nasional Pengelola Perbatasan Republik Indonesia (BNPP) yang juga Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo,  berharap, Festival Budaya Nusanta Kawasan Perbatasan Negara 2015 dijadikan sebagai momentum nasional untuk menggali, memelihara, memperkuat dan mempromosikan nilai dan produk sosial budaya perbatasan sebagai kekuatan bangsa.

Even yang dilaksanakan tepat diulang tahun BNPP yang ke-5 tahun ini, dan dibuka secara resmi Sekretaris BNPP (mewakili  Ketua BNPP/ Menteri Dalam Negeri Thahjo Kumolo),  menghadirkan kesenian dan kebudayaan  dari wilayah perbatasan yang ada di beberapa provinsi Indonesia.

Ketua BNPP,  Tjahjo Kumolo, berharap even ini, dapat meningkatkan kesejahteraan melalui pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Disisi lain, memiliki entensitas dan jatidiri yang ampuh berperan sebagai pagar hidup bangsa di tapal batas negara.

"Diharapkan kegiatan festival ini,  bisa menjadi usaha dan bagian karya anak bangsa yang dapat memberikan kontribusi bagi pencapaian pembangunan dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan, baik materi maupun dalam bidang non material, seperti sosial dan  nilai budaya," terans Tjahyo Kumolo yang diwakili Sekretatis BNPP, Sutriono di Gedung Pewayangan, TMII, Jakarta Timur, Kamis (17/09/2015).

Gelaran Festival Budaya Nusanta Kawasan Perbatasan Negara 2015 yang diawali dengan tarian Cokek asal Betawi, Jakarta dan tarian dari Aceh, tarian Geleng, juga diharapkan bisa mendukung program nawacita Presiden dan wakil Presiden, Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

"Sembilan agenda prioritas nawa cita adalah membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka NKRI, tujuannya untuk melindungi kepentingan nasional di kawasan perbatasan," teranya.

Wilayah perbatasan, sambung Ketua BNPP, memiliki potensi dalam hal budaya dan kesenian. Oleh karena itu, dengan Festival Budaya Nusantara ini, mereka dapat menyalurkan potensinya tersebut.

Di samping ideologi, kebudayaan merupakan salah satu unsur penting. Oleh karena itu  kebudayaan harus terus  dilestarikan. "Eksistensi masyarakat di perbatasan terlihat dalam menjaga ideologi dan wawasan kebangsaan," tukasnya.(Ode)**

.

Categories:Hiburan,
Tags:,