Peserta China-ASEAN Rally Terkesan Sambutan di Batam

Peserta China-ASEAN Rally Terkesan Sambutan di Batam

Batam  - Para peserta reli mobil lintas Tiongkok-ASEAN menyatakan sangat terkesan dengan sambutan dan kegiatan yang mereka lakukan selama di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (19/9/2015).


"Baru beberapa jam berada di Batam, saya sudah merasakan kesan yang menyenangkan," kata ketua rombongan "China-ASEAN Rally 2015" Dr. Chen Li Chi di Batam, Kepri, Sabtu (19/9/2015).

Chen Li Chi yang juga deputi ketua badan olahraga provinsi Guangxi, Tiongkok itu mengatakan, salah satu hal yang membuatnya berkesan adalah partisipasi dari berbagai kalangan masyarakat dan pemerintahan Kota Batam saat mereka berada di pulau tersebut.

Selama berada di Batam, rombongan reli lintas Tiongkok-ASEAN antara lain mencoba jalur offroad di gunung kapur sekitar jembatan Barelang, melihat replika kapal Cheng Ho, pelaut Tiongkok dari abad 15 yang diyakini pernah singgah di Kepulauan Riau, dan pelepasan peserta (flag off) oleh Wali kota Batam Ahmad Dahlan.

Komunitas Jeep Adventure Club, dan Harley Davidson Club Batam, juga ikut menyemarakkan kedatangan lebih dari 100 peserta reli ini.

Sementara itu ketua pelaksana reli Thomas Ma mengatakan, selama di Batam terlihat panitia setempat dapat mengorganisir kegiatan dengan baik, meskipun acaranya cukup padat. "Mungkin pada tahun-tahun mendatang kami bisa kembali lagi ke Batam dengan waktu yang lebih lama lagi," katanya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam Yusfa Hendri mengatakan bahwa Batam siap mendukung target pemerintah pusat dalam mencapai target peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, termasuk dari Tiongkok.

"Di Batam kami mencoba menarik minat wisatawan asal Tiongkok dengan pendekatan sejarah dan juga keramahtamahan layanan," kata Yusfa. Dengan adanya jejak sejarah Cheng Ho, diharapkan Batam juga menjadi pilihan destinasi wisatawan asal Tiongkok tersebut.

Dalam reli Tiongkok-ASEAN yang digelar tiap tahun sejak 2006, tahun ini untuk pertama kalinya Indonesia masuk dalam salah satu rute, yakni Pulau Batam. Sebelumnya reli hanya menjelajah wilayah daratan seperti Tiongkok, Vietnam, Kamboja, Laos, Thailand Singapura dan Malaysia.(Ode)**

.

Categories:Autosport,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait