Fikom Unpad Pertemukan Semua Angkatan

Fikom Unpad Pertemukan Semua Angkatan

L77 mengikuti Temu Alumni Fikom Unpad di Jatinangor. Foto dok Wa Ode

Bandung- Menyongsong Dies Natalis Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) Bandung yang ke 55 tahun tanggal 28 September mendatang, sekaligus Lustrum ke 11,  Fikom Unpad menggelar Temu Alumni Fikom Ngahiji di  Pasca Sarjana Fikom Unpad Jatinangor, Sabtu (19/9/2015). 
 
Berbagai angkatan dan prodi (jurusan) alumni dan mahasiswa dari tahun 60-an hingga angkatan 2015 tumplek, hadir mewakili angkatannya dengan mengenakan baju khas yang dirancang khusus setiap angkatan. Angkatan 1976 misalnya mereka mengenakan seragam kaos berlatar putih dengan ornamen hijau bertulis Akte (angkatan Tujuh Enam), Sementara angkatan 1977 ini beda sendiri, hadir dengan seragam batik bernuansa hijau dan biru. Sementara angkatan 1983, dan seterusnya juga datang dengan ciri khas seragam kaos. Yang membedakan adalah tulisan tahun  dan warna seperti merah, hijau, hitam dan putih serta kombinasi warna lainnya. 
 
Menurut Dekan Fikon Unpad Prof. Dr. Deddy Mulyana, Fikom saat ini sangat mencengangkan. Lihat saja gedung yang kita pakai ini untuk Pasca Sarjana, adalah gedung baru. "Izinkan saya bicara, enggak akan lama karena saya tahu pasti kalian even ini diisi dengan sosonoan. Banyak gedung-gedung bermunculan untuk  menampung animo masyarakat Indonesia, yang memilih prodi di Fikom Unpad. Selama 9 tahun berturut-turut, hingga saat ini prodi Fikom Unpad menjadi fakultas yang paling digemari di antara fakultas yang ada. Dan prodi komunikasi  nomor 1 di antara 50 prodi yang ada di Unpad. Bahkan tahun ini dibuka prodi TV dan Film juga digemari. 5 tahun terakhir Komunikasi adalah The Best Communication," ujar Deddy yang siang itu mengenakan kaos angkatannya 1976. 
 
Dia juga mengatakan, Fikom Unpad saat ini ditunjang 40 orang tenaga dosen bergelar doktor, dan 6 profesor. "Kita perlu bangga karena dari D3, S1, S2, S3 dicapai dengan nilai A ini satu-satunya fakultas di Indonesia yang bisa mencapai nilai A," katanya dan disambut tepuk tangan semua angkatan yang hadir. 
 
Bahkan tahun 2015 ini Fikom Unpad sudah menggelar belasan kali seminar dengan menghadirkan pembicara dari luar negeri. "Baru-baru ini kita sudah mengadakan workshop Keredaksian Jurnalistik TV pada 11-12 September lalu. simposium Komunikasi Kesehatan juga diadakan pada 14 september kemarin," tambahnya. 
 
Bahkan puncaknya nanti Dies Natalis yang jatuh tanggal 28 September, Fikom Unpad akan menggelar Orasi dengan menghadirkan Menteri Komunikasi dan Informasi serta Prof. Dr. Engkus Koeswarno sebagai nara sumber. 
 
Selain acara diisi dengan temu kangen angkatan, juga diadakan lomba yel-yel setiap angkatan yang siang itu dimenangkan oleh angkatan 1983, dengan hadiah uang tunai Rp 500 ribu, yang kemudian disumbangkan untuk yayasan pendidikan yang diasuh Kang Ade (seorang tukang parkir di lingkungan Fikom Unpad). MC ikut bernostalgia karena menghadirkan Kang Rudi Djamil dari angkatan Fakultas Publisistik baheula, yang diduetkan dengan putranya sendiri serta MC muda lainnya. (Ode)**  
.

Categories:Pendidikan,
Tags:,