Pertumbuhan Ekonomi Diimbangi Pemberdayaan Sosial

Pertumbuhan Ekonomi Diimbangi Pemberdayaan Sosial

Bandung - Pertumbuhan ekonomi nasional harus diimbangi dengan pemberdayaan sosial, kata Ketua Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Dr Kanya Eka Santi di Bandung, Selasa (22/9/2015). "Pertumbuhan ekonomi dan sosial saat ini harus berjalan seiringan, tidak bisa hanya meningkatkan pertumbuhan ekonomi tetapi mengenyampingkan sosial karena itu menyangkut SDM yang sejatinya harus mendapatkan perhatian," kata Kanya Eka Santi pada wisuda mahasiswa STKS.

Kanya mengatakan, sistem ekonomi tidak akan meningkat bila sistem sosialnya yang buruk. Kebijakan-kebijakan seperti peraturan daerah yang menyangkut pemberdayaan sosial harus segera dibuat.

Menurut dia permasalahan sosial kini sudah semakin meningkat. Ia mencontohkan di Kota Bandung masalah sosial pada anak-anak menjadi hal yang penting.

"Secara kualitas masalah sosial betul- betul berat. Sekarang anak-anak tidak hanya dipukul tapi ada yang digagahi juga. Bandung juga tak berbeda dengan kota-kota lain, seperti halnya narkoba dan kekerasan pada anak itu harus menjadi poin utama," katanya.

Permasalahan sosial pada anak di Kota Bandung yang baru saja terjadi adalah kasus pembunuhan siswi SMP 51 Bandung yang dibunuh oleh temannya menggunakan palu.

"Saat ini harus ada kebijakan perda yang melindungi anak, karena masalah-masalah sosial seperti ini sangat perlu ditangani. Ketika perda itu ada, saya yakin akan menyusul subsistem yang mendorong penyelesaian masalah sosial seperti ini," kata dia.

Selain itu Kanya menambahkan dinas sosial daerah setempat dan kementerian sosial juga memiliki peranan penting. Secara sistem memang bergantung kepada kedua instansi tersebut namun masalah yang dihadapi saat ini berada pada dinas sosial.

"Seperti yang kita ketahui dana di semua dinas sosial itu terbatas, karena untuk menangani masalah sosial sebenarnya bukan menghasilkan uang namun mengeluarkan uang yang menjadi investasi. Tapi kedepan ini bisa menjadi investasi, karena kita bisa menangani dan membangun SDM," katanya menambahkan. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,