Berdayakan PMKS Agar Tak Kembali ke Jalan

Berdayakan PMKS Agar Tak Kembali ke Jalan

Para PMKS yang telah terjaring tengah didata oleh Dinas sosial, renvcananya mereka akan dibawa ke rumah singgah milik Pekot Bandung, Senin Dini hari (3/11/2014). (Foto: TrisDodi)

Bandung - Terkait razia gabungan yang dilakukan oleh berbagai SKPD Dinas Kota Bandung sebagai penegakan Perda, Walikota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, hingga saat ini telah menempatkan beberapa penjaga di beberapa titik perempatan Kota Bandung.

"Operasi ini rutin dilakukan Pemkot, Alhamdullilah jumlah PMKS sudah mulai menurun. Bahkan di beberapa titik perempatan sudah kami tempatkan penjaga untuk mengamankan para gepeng dan anjal ketika mereka meminta-minta secara paksa di jalan," ujarnya kepada wartawan di Pendopo Kota Bandung, Senin (3/11/2014).

Mengenai PMKS yang masih di bawah umur, dirinya menjelaskan akan kembali bersekolah. "Sudah saya tegaskan nanti anak jalanan yang umurnya masih di bawah akan kembali ke sekolah melalui surat SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu), yang nanti akan saya urus. Sedangkan untuk yang dewasa akan saya pekerjakan sebagai penyapu jalan," jelasnya.

Menghadapi permasalahan sosial itu, Walikota Bandung memaparkan tidak perlu diberlakukan denda bagi para PMKS, yang penting diberikan solusi agar mereka tidak kembali ke jalan.  "Tidak usah ada denda untuk para PMKS ini, ngurus sosial tidak mudah maksud kita Pemkot baik, kita juga punya rumah singgah. Meski baru punya satu, yang pasti para PMKS ini akan kita karyakan," paparnya.

Hingga berita ini diturunkan, saat ini belasan  PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) yang berhasil dijaring oleh petugas gabungan, akan didata dan dibawa ke rumah singgah. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,