Kulit Bintang Kurban di Borong Pengusaha Jaket Garut

Kulit Bintang Kurban di Borong Pengusaha Jaket Garut

Panitian penyembelihan hewan kurban saat sedang menguliti kambing. (Foto : ADE/CikalNews)

Bandung – Beberapa DKM atau panitia penyembelihan hewan kurban sengaja memisahkan bagian kulit domba atau kulit sapi karena bagian tersebut sudah dipesan oleh pengepul kulit asal Kabupaten Garut, Jawa Barat. Puluhan pemburu kulit dari Garut sudah mendatangi masjid dan tempat penyembelihan hewan kurban demi membeli helai demi helan kulit hewan tersebut.

Menurut panitia penyembelihan hewan kurban Masjid Al Jihad, Agus, untuk bagian kulit memang sudah biasa ada orang yang mengambilnya, jadi sudah ada yang pesan dari jau hari.

“Mereka rela membeli kulit bekas hewan kurban untuk dibawa ke Garut dan dibuat hiasan atau jaket kulit. Uang dari penjualan kulit hewan kurban ini bisa digunakan untuk kas Masjid,” seru Agus saat ditemui di Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Kamis (24/9/2015).

Sedangkan kata pengepul kulit asal Garut, Asep, harga kulit kambing bisa dibeli paling mahal Rp. 50.000,-/helai begitu juga dengan kulit sapi bisa dibeli hingga Rp. 150.000,-/helai.

“Untuk harga pasti memang tidak ada, kita sesuaikan dari bentuk kulit yang tersisa dari hewan kurban. Harga kulit akan lebih mahal jika tergantung helainya, kalau mengelutinya rapih pasti kulitnya pun akan rapih,” katanya.

Kulit sapi cocok dibuat untuk kerajinan sepatu, tas, dan dompet. Harga kulit pada musim Idul Adha harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan hari biasa, karena barangnya banyak berlimpah.(Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,