Joglokerto Akrabkan Warga Solo dan Purwokerto

Joglokerto Akrabkan Warga Solo dan Purwokerto

Solo - PT Kereta Api Indonesia meluncurkan kereta api (KA) "Joglokerto" jurusan Solobalapan-Yogyakarta-Purwokerto pulang pergi (PP) dari Stasiun Balapan Solo, Jumat pagi (25/9/2015) pukul 06.15 WIB.

Peluncuran perdana KA Joglokerto dengan tujuh rangkaian gerbong tersebut dilakukan oleh Executive Vice President PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Wiwik Widayanti.

Menurut Wiwik Widayanti, peluncuran KA Joglokerto untuk memenuhi permintaan masyarakat khususnya pengguna jasa KA yang akan bepergian dari Kota Solo baik ke Yogyakarta maupun Purwokerto atau sebaliknya.

Peluncuran Joglokerto relasi atau rute Stasiun Solobalapan-Stasiun Purwokerto PP tersebut merupakan perpanjangan rute KA Joglo Ekspres yang semula hanya melayani rute Stasiun Solobalapan-Stasiun Yogyakarta PP.

KA Joglokerto rute Stasiun Solobalapan-Stasiun Purwokerto berangkat dari Stasiun Solobalapan pukul 06.15 WIB sampai di Stasiun Purwokerto pukul 10.01 WIB.

Sebaliknya, KA Jopglokerto berangkat kembali dari Stasiun Purwokerto pukul 10.38 WIB sampai di Stasiun Solobalapan pukul 14.46 WIB atau waktu tempuh sekitar tiga jam 45 menit.

KA Joglokerto memiliki kapasitas angkut 560 tempat duduk dengan memanfaatkan rangkaian istirahat KA Jaka Tingkir jurusan Solo-Jakarta.

Dia menjelaskan, untuk mengantisipasi perjalanan KA Jaka Tingkir yang rangkaiannya digunakan menjadi KA Joglokerto, maka jadwal perjalanan Jaka Tingkir keberangkatannya disesuaikan menjadi pukul 18.15 WIB dari Stasiun Purwosari.

Menyinggung tarif yang diberlakukan KA Joglokerto, Wiwik Widayanti menjelaskan dengan menggunakan tarif batas bawah (TBB) dan tarif batas atas (TBA) menginggat KA ini merupakan KA komersial (nonsubsidi).

Menurut dia, untuk penjualan tiket mulai Jumat ini hingga tanggal 31 Oktober 2015 diberlakukan tarif batas bawah. PT KAI Daop 6 menetapkan tarif khusus Rp20.000 per penumpang untuk tujuan Kutoarjo-Yogyakarta dan Yogyakarta-Solobalapan.

Jarak tempuh 0-125 kilometer tarif antara Rp50 ribu hingga Rp100 ribu per orang, 126-170 kg tarifnya Rp60 ribu hingga Rp115 ribu per orang, dan jarak di atas 170 kg dari Rp70 ribu hingga Rp135 ribu.

Menurut dia, pada peluncuran perdana KA Joglokerto cukup bagus dengan membawa sebanyak 237 penumpang atau sekitar 49 persen, dan masih menaikkan di Stasiun Purwosari, Klaten, Yogyakarta, Wates hingga Purwokerto.

"Kami berharap dengan berjalannya KA Joglokerto ini merupakan salah satu sarana untuk menghubungkan Kota Solo, Yogyakarta dan Purwokerto sebagai kota destinasi wisata," katanya.

Selain itu, pihaknya juga berharap masyarakat Solo, Yogyakarta dan Purwokerto dapat menggunakan KA Joglokerto ini dalam melakukan perjalanan yang lebih cepat, nyaman dan aman.

"Kami berharap masyarakat lebih menyukai angkutan massal KA Joglokerto. Kami melihat potensi KA ini sangat men janjikan sehingga diharapkan kalau bisa penuhi target 100 persen," katanya.

Manager Corporate Coomunication Daop 6 Yogyakarta, Gatut Sutiyatmoko menambahkan tarif KA Joglokerto rute Solobalapan-Purwokerto sebesar Rp70 ribu per orang.

Menurut dia, untuk tiket dengan tarif khusus Rp20.000 per orang dapat dipesan satu jam sebelum keberangkatan KA. Tiket dapat dipesan di stasiun-stasiun melalui online wilayah Daop 6 seperti di Stasiun Jenar, Wates, Yogyakarta, Lempuyangan, Klaten, Purwosari, dan Solobalapan. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:,