Aji Santoso Dipertahankan Latih Timnas U-23

Aji Santoso Dipertahankan Latih Timnas U-23

Aji Santoso Dipertahankan Latih Timnas U-23. (Foto: Net)

Jakarta - Komite Eksekutif Persatuaan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya sepakat untuk mempertahankan Aji Santoso sebagai pelatih Timnas Indonesia U-23.

Selanjutnya, pelatih asal Malang, Jawa Timur, itu diharapkan bisa memimpin timnas untuk menghadapi SEA Games 2015 di Singapura, kata Sekjen PSSI Joko Driyono di Jakarta, Minggu (02/11/2014) malam.

Dipertahankan Aji Santoso sebagai pelatih Timnas Garuda Muda, kata dia, merupakan masukan dari Badan Tim Nasional (BTN) yang sebelumnya melakukan evaluasi terhadap mantan pelatih Persebaya Surabaya, Jawa Timur, itu.

"Memang secara tim sudah berhenti. Namun, untuk ofisial masih dipertahankan. Akan tetapi, semuanya tergantung yang bersangkutan," katanya.

Timnas Garuda Muda selama dipimpin Aji Santoso bermain relatif cukup konsisten. Bahkan, saat turun di Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, beberapa waktu lalu mampu memenuhi target yang ditetapkan oleh induk organisasi sepak bola Indonesia itu.

Anak asuh Aji Santoso mampu lolos ke babak 16 besar kejuaraan olahraga terbesar di Asia itu atau sesuai dengan harapan. Hanya saja di babak knock out itu harus mengakui keunggulan Korea Utara dengan skor telak 1-4. Kondisi ini menunjukkan jika timnas masih membutuhkan polesan.

Dipilihnya kembali mantan pemain nasional untuk menukangi timnas selain didasarkan hasil evaluasi, juga didasarkan karena BTN tidak akan mencari pelatih baru menyusul singkatnya persiapan untuk menghadapi SEA Games 2015 yang akan berlangsung Juni.

"SEA Games 2015 sudah tidak lama lagi. Akan tetapi, semuanya tergantung dari Aji," kata Joko Driyono.

Setelah mendampingi Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2014, praktis Aji Santoso langsung tanpa aktivitas. Kondisi ini membuat beberapa klub anggota Indonesia Super League (ISL) mulai mendekati pelatih berusia 44 tahun itu.

Salah satu tim yang saat ini menunggu tanda tangan dari Aji Santoso itu adalah Persija Jakarta. Pihak manajemen klub asal Ibu Kota itu bahkan telah melakukan komunikasi, termasuk mendapatkan masukan pembentukan tim dari pelatih asal Malang itu. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,