Jarak Pandang di Tanjungpinang Hanya 5-7 Km

Jarak Pandang di Tanjungpinang Hanya 5-7 Km

Tanjungpinang - Jarak pandang di Tanjungpinang akibat asap tebal yang berasal dari kebakaran hutan di beberapa kawasan di Sumatera mencapai 5-7 KM, lebih baik dibanding hari sebelumnya.

"Hari ini jumlah titik api di beberapa kawasan di Sumatra hanya 22, jauh berkurang dibanding hari sebelumnya. Bahkan dua hari lalu jumlah titik api mencapai 500," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Dhira Utama di Tanjungpinang, Sabtu (26/9/2015).

Dia menjelaskan jarak pandang di Tanjungpinang sewaktu-waktu dapat berubah, tergantung pada tingkat pencemaran asap di dalam udara. Karena itu, lanjutnya, nakhoda kapal dan nelayan harus mewaspadainya saat berlayar.

"Kami imbau kepada nelayan untuk mewaspadai kondisi udara yang tidak normal ini untuk menghindari kecelakaan di perairan," katanya.

Dhira mengatakan jarak pandang 5-7 KM dinilai masih kondusif, meski tidak normal. Dalam kondisi seperti ini, maskapai penerbangan masih dapat beroperasi.

"Kalau jarak pandang tidak mencapai 1.000 meter pesawat tidak dapat terbang," ucapnya.

Sementara hujan terjadi pada pagi hari secara merata di Pulau Bintan (Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan). Sedangkan pada siang hari terjadi hujan di sebagian wilayah Bintan.

"Udara dapat kembali normal jika terjadi hujan secara merata," katanya. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:,