Kang Emil Sapu Jalan di Kota Bandung

Kang Emil Sapu Jalan di Kota Bandung

Ridwan Kamil saat mencoba mesin penyapu jalan buatan Skotlandia, Senin (3/11/2014). TrisDodi

Bandung - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil, akan menyapu sebagian jalan di Balai Kota Bandung dengan menggunakan mesin penyapu jalanan buatan Skotlandia, Senin (03/11/2014).

Hal ini dilakukan guna mengetahui kemampuan  mesin penyapu jalan yang ditawarkan oleh PT. Groen Indonesia.

Ada dua mesin penyapu jalanan yang ditawarkan, yaitu mesin pertama berbentuk mobil dengan kapasitas sedot sampah hingga 1 meter kubik. Mesin lainnya berupa mesin terbuka berbentuk seperti sepeda motor dengan kapasitas sedot lebih kecil sekira 0,4 meter kubik.

Pimpinan PT Groen Indonesia, Tritan Saputra, menjelaskan, mesin-mesin penyapu jalan tersebut bergerak menggunakan mesin diesel dengan bahan bakar solar. Penggunaan mesin penyapu jalan ini dikatakan sangat cocok dengan kondisi jalan dan trotoar di Kota Bandung.

"Satu liter solar bisa membersihkan 6 kilometer jalan," Ucap  Tritan di Balai Kota Bandung.

Soal suku cadang dan perawatan mesin-mesin penyapu jalan, Tritan memastikan tidak akan sulit. Setiap 3 bulan sekali cukup mengganti oli saja.

"Beberapa kota besar seperti Solo, Denpasar, Surabaya serta Tangerang sudah menggunakan mesin ini," jelasnya.


Terkait penyapu jalan tersebut, Ridwan Kamil mengatakan, Pemerintah Kota Bandung tertarik membeli mesin-mesin penyapu jalan seharga 160.000 USD per unit. Hal itu dilakukan, menurutnya, untuk menambah infrastruktur kebersihan. Mesin tersebut dinilai Emil cukup efektif untuk membersihkan jalan-jalan di Kota Bandung.

"Kita mau beli mobil-mobil kecil penyapu jalan. Kita sudah punya yang besar dan itu efektif, tapi kan kita tidak hanya butuh satu melihat Kota Bandung yang besar," paparnya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,