Sayang Indonesia Tak Bisa Nikmati Supermoon

Sayang Indonesia Tak Bisa Nikmati Supermoon

Penampakan fenomena supermoon yang bisa disaksikan hanya di beberapa belahan bumi. (foto: net)

Bandung - Sebuah fenomena alam yang tergolong langka, gerhana bulan total supermoon akan menampakkan diri di akhir September 2015 ini. Tak disangsikan lagi, fenomena tersebut menjadi pertunjukan menarik bagi makhluk Bumi.
 
Dilansir Telegraph, tepatnya Minggu tanggal 27 September malam, gerhana bulan yang tidak biasa ini akan muncul menghiasi langit malam. Bahkan, dengan ukuran yang lebih besar dan lebih cerah, dengan kata lain bulan akan menampilkan kecantikannya.

Namun demikian, sayang gerhana bulan yang pernah terjadi pada 1982 itu pun hanya dapat dinikmati khususnya di wilayah Amerika, Eropa, Afrika, Asia Barat, dan Samudera Pasifik Timur. Bagaimana dengan Indonesia?

Menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, untuk fenomena alam yang satu ini, Indonesia tidak bisa ikut menikmatinya. Perbedaan waktu yang menjadi kendalanya.

"Gerhana bulan total di Indonesia jatuh pada 28 September dan tidak teramati di Indonesia. Fenomena ini terjadi di siang hari. Gerhana bulan total terjadi pukul 08.07 WIB sampai 11.27 WIB. Jadi, seluruh wilayah Indonesia tidak ada yang bisa melihat," katanya.

Sementara itu Digital Trends, Minggu (27/9/2015) melaporkan, fenomena supermoon terjadi, saat orbit bulan mengelilingi bumi dengan kondisi yang sangat dekat. Rata-rata, jarak bulan dari bumi, yaitu sekitar 384.600 kilometer. Ada kalanya satelit alami bumi ini menjelajah sejauh 405.600 kilometer, atau disebut apogee, dan berada pada jarak yang dekat dengan bumi dengan jarak 363.700 kilometer yang disebut perigee.

Supermoon pada umumnya muncul sekitar 14 persen lebih besar dan 30 kali lebih terang dari bulan pernama apogee, atau dikenal dengan minimoon. Dalam catatan, sepanjang sejarah gerhana, supermoon tercatat terjadi baru lima kali sejak 1900, yaitu 1910, 1928, 1946, 1964 ,dan 1982. (Jr.)**
.

Categories:Unik,
Tags:,