"Jabar Ngagaya 2015" Akan Pecahkan Record MURI

Jabar ngagaya 2014 Foto: Istimewa

Bandung- Jawa Barat akan menggelar perhelatan pameran "Jabar Ngagaya 2015" dengan tema "Gandrung ka Sarung" (cinta kain sarung) sekaligus mempromosikan produk sandang provinsi itu.
          
"Selain promosi, ajang Jabar Ngagaya 2015 ini akan memecahkan rekor MURI untuk draping contest terbanyak," kata Kepala Dinas Industri dan Perdagangan Jabar Fery Sofyan Arief di Bandung, Minggu (27/9/2015).
          
Ia menyebutkan, draping contest itu khusus dengan bahan kain sarung yang merupakan produk unggulan kawasan industri tekstil Majalaya Kabupaten Bandung. Kegiatan itu juga untuk meningkatkan pamor atau trend kain sarung kepada masyarakat.
          
Menurut Fery, Jawa Barat sangat kaya dan kreatif. Kegiatan itu dalam rangka mempromosikan dan mengangkat sarung dan produk tekstil lainnya yang ada di Jabar.
          
Kegiatan Jabar Ngagaya itu, lanjut Ferry, sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat bahwa kain sarung bisa dibuat apa saja. Tujuannya agar serapan kain sarung bisa lebih banyak oleh kalangan masyarakat. Sarung itu, bisa dibuat baju dan lainnya,  tanpa menghilangkan makna sarung itu sendiri.
          
"Terpenting melalui Jabar Ngagaya artinya masyarakat Jabar itu  dengan bahan yang ada di Jabar bisa memproduksi barang atau  sesuatu di Jabar dan dipakai masyarakat Jabar sehingga   masyarakat Jabar bisa bergaya. Masyarakat bisa bergaya dengan  kekayaan Jabar," katanya.
          
Jawa Barat memiliki industri tekstil yang cukup  potensial seperti bordir, rajut, batik, tenun juga produk tekstil lainnya. Bordir selain di Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, ada 6 (enam) kabupaten/ kota di Jabar memproduksi bordir. Sebanyak 23 kabupaten/kota menghasilkan batik dengan corak dan ragam yang khas dan indah.
          
Menurut Ferry, Jabar Ngagaya pertama pada 2011 formatnya fashion show dengan catwalk tepat di depan Gedung Sate diikuti 30 perancang nasional menampilkan busana berbahan tekstil produk Jawa Barat.
          
Jabar Ngagaya kedua pada 2013 format dikembangkan selain fashion show diselenggarakan Carnaval dan Draping Contest bertema Gandrung Kasarung dengan subtema Luxurios Kingdom berbahan sarung Majalaya.
          
Jabar Ngagaya ketiga tahun 2014 tema Gandrung Kasarung 2 dengan subtema Beautiful Pangandaran. Pada tahun 2015 Tema Gandrung Kasarung 3 dengan subtema Legenda Jawa Barat yang akan  menampilkan kostum 27 kabupaten/ kota se-Jawa Barat. Bahan utama sarung yang dipadupadankan dengan bordir, rajut, batik,  tenun dan produk tekstil lainnya.
          
Lomba Carnaval 2015 dengan tema kostum gandrung kasarung   peserta terlebih dahulu menyerahkan ilustrasi kostum carnaval yang akan dibuatnya untuk di seleksi. Peserta yang sudah memiliki kostum dengan tema yang sesuai, diharuskan mengirimkan foto berwarna kostumnya disertai data diri dan peserta boleh mengirimkan lebih dari satu buah ilustrasi.
          
Draping Contest atau lomba seni merancang busana dari lembaran-lembaran kain pada manekin tanpa proses jahit mesin akan diselenggarakan bersamaan dengan Lomba Carnaval.
          

Peserta  siswa/i SMU/SMK, mahasiswa dan perorangan. Informasi lebih lanjut ke Dinas Perindag Jabar bidang ilmatel Jalan Asia Afrika No. 146 Bandung atau dapat mendaftar online melalui website www.jabarngagaya.com.(Ode)**
.

Categories:Fesyen,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait