Sekolah Dituntut Terapkan Perilaku Lingkungan Sehat

Sekolah Dituntut Terapkan Perilaku Lingkungan Sehat

Cimahi - Walikota Cimahi Atty Suharti menyatakan seluruh sekolah formal dituntut menerapkan perilaku lingkungan yang sehat untuk menunjang kegiatan belajar mengajar secara baik dan nyaman.

"Dimana tumpuan sekolah yang aman, nyaman dan sehat sangat diperlukan untuk mendukung proses belajar mengajar," kata Atty dalam sosialisasi sanitasi untuk tingkat SMA/SMK dan MA di komplek perkantoran Kota Cimahi, Senin (28/9/2015).

Ia menuturkan, lingkungan sekolah merupakan kesatuan lingkungan fisik, mental dan sosial yang harus memenuhi syarat-syarat kesehatan.

Menurut dia, lingkungan yang sehat akan mendukung proses belajar-mengajar dengan baik dan menunjang pertumbuhan dan perkembangan murid secara optimal.

"Hal ini tentu harus dijadikan perhatian serius karena pendidikan merupakan nilai investasi terbesar yang dimiliki oleh setiap negara," katanya.

Pemerintah Kota Cimahi, lanjut dia, telah dan sedang berusaha membenahi fasilitas sanitasi yang memadai di lingkungan satuan pendidikan meliputi air bersih, toilet dan sarana pembuangan air limbah, sampah di lingkungan sekolah.

"Karena itu demi menunjang mutu kualitas pendidikan yang baik, semua kelengkapan sarana dan prasarana sekolah juga harus diperhatikan bukan hanya proses belajar mengajar saja," katanya.

Plt. Disdikpora Kota Cimahi Maria Fitriana menambahkan, tujuan digelarnya sosialisasi tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat yang dimulai dari sekolah dalam menjaga lingkungan sehat.

Sekolah, lanjut dia, harus mengoptimalkan berbagai sumber daya yang tersedia dalam memelihara kualitas sanitasi sebagai penunjang hidup sehat.

"Peran sekolah sebagai pusat pembentukan pola perilaku, merupakan fungsi sekolah yang dominan dalam meningkatkan perilaku positif masyarakat, sekolah sebagai agen perubahan program sanitasi lingkungan berbasis sekolah," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,