"Teguh, Sumi dan Kakek" Film Pendek Terbaik Moviestival 2015

Pemenang Film Pendek Terbaik Moviestival 2015 dari Sinar Moeda Film Purbalingga di Graha Pos Jl Banda Bandung Selasa (28/9/2019) foto Wa Ode

Bandung- Film Pendek Terbaik berjudul "Teguh, Sumi dan Kakak" Produksi Sinar Moeda asal Purbalingga Jawa Tengah keluar sebagai pemenang Festival Film Pendek Pos Indonesia (Moviestival) 2015 yang berlangsung di Graha Pos Indonesia lantai 8 Jl Banda Bandung, Selasa (28/9/2015) malam. 
 
Piala diserahkan langsung oleh Gubernur Jabar PLH Deddy Mizwar, disaksikan GNP Sugiarta Yasa Direktur Ritel dan Properti PT Pos Indonesia, Febrianto Direktur SDM & Umum PT Pos Indonesia, dewan juri Eddy D Iskandar, Viva Westi,  Aditya Gumay, Sasta Sunu, dan Deddi Siafudin, Kepala Badan Promosi Pariwisata Kota Bandung, dan Plt Direktur Utama PT Pos Indonesia Poernomo. 
 
Film "Teguh, Sumi dan Kakak" mampu mengalahkan finalis lain seperti "Oase" (studio 57 Bandung), "Catur" (Memoarts Studio Bandung), "Sleepy Beauty" (Interaksi ITB Bandung), dan "Di Jawab" (Anak Rantau,Perancis).
Menurut Viva Westi, film yang menang ini luar biasa idenya. "Saya benar-benar dibuat takjub. Dibandingkan saat kuliah dulu tidak sebagus ini. Film ini tanpa dialog hanya bahasa gambar tetapi mampu diwisualkan dengan baik dan mengumbar pesan yang kuat," ujar Viva Westi sutradara film "Soedirman" usai acara. 
 
Deddy Mizwar menambahkan, ajang ini tempatnya mengasah dan menajamkan ide dalam pembuatan film yang begitu bebas tanpa batas. "Seharusnya saat ini kemajuan jauh lebih baik, bukan kemunduran, karena perangkat sudah lebih canggih. Ayo bangkitkan ide yang lebih baik sehingga film Indonesia akan lebih maju, kalau maju akan ditonton masyarakat sehingga semakin banyak peminat film Indonesia yang menonton film yang baik," kata Deddy.
 
Dia menambahkan agar ajang ini tetap dipertahankan dan dikerjakan lebih baik lagi. "Saat menggelar penyerahan film pendek terbaik dikemas lebih spesifik agar menarik biar berbeda dengan festival lainnya," katanya memberi saran. 
 
Ajang yang mengangkat tema "Caring & Loving" ini juga menganugerahkan Ide Cerita Terbaik yang diraih film "Oase" serta penghargaan Penyutradaraan Terbaik untuk film "Letters to Heaven" dan Film Terfavorit  untuk film "Nilep" dan masing-masing pemenang memperoleh hadiah Rp 15 juta serta semua finalis memperoleh hadiah masing-masing Rp4 juta.
  
Dengan kemenangan film pendek terbaik, anak-anak SMP Purbalingga Jateng itu berhak memboyong hadiah uang sebesar Rp20 juta, serta piala dan sertifikat Moviestival 2015. 
 
Menurut panitia Dhipa Galuh jumlah film yang masuk selama festival 325 karya film pendek. "Kemudian diseleksi menjadi 50 film dan diperkecil masuk nominasi 20 besar untuk 4 kategori," ujar Dhipa. 
 
Sementara juri Viva Westi menambahkan bahwa tema film yang masuk cukup variatif sehingga sempat menyulitkan untuk memilah mana yang terbaik. "Kita tetap mengedepankan kekuatan ide dan bisa dimengerti. Soal tehnis menjadi pertimbangan belakangan, ide itu mahal," kata Viva. (Ode)**
.

Categories:Film,
Tags:,