Surat Sashi, 'Tegakah Pak Presiden Lihat Kami Mati'?

Surat Sashi, 'Tegakah Pak Presiden Lihat Kami Mati'?

Sashi Oediputri dan Temannya melayangkan Surat Untuk Jokowi.

Sanggau - "Apakah Bapak (Presiden) ingin membuat warga Kalbar mati dalam keadaan hispa?" Demikian petikan asli surat yang ditulis Sashi Oediputri (11) yang ditujukan untuk Presiden Jokowi.

Surat yang dilayangkan pelajar kelas VI Madrasah Ibtidayah Negeri Teladan di Kabupaten Sanggau Kalimantan barat tersebut, bak menjadi asa menerobos pekatnya asap di Kalimantan hingga ke istana.
Kendati Sashi menulis HISPA, bukan seperti seharusnya ISPA untuk akronim dari Infeksi Saluran Pernapasan Atas. Surat tulisan tangan Sashi tetap membawa pesan haru dari Kalimantan Barat. "Kabut asap telah merenggut kebahagian kami," kata Sashi, Selasa (29/9/2015).

Beberapa waktu belakangan ini, Kalimantan diselimuti kabut asap yang sangat pekat. Seluruh aktivitas masyarakat menjadi terganggu, termasuk aktivitas sekolah juga banyak yang diliburkan.

Oleh karena itu, Sashi bersama rekannya berinisiatif untuk membuat surat yang ditujukan kepada Jokowi. Dalam pesannya, Sashi hendak memberitahukan betapa menderitanya mereka. "Apakah Bapak tega menelantarkan warga Kalbar?" "Saya mengundang Bapak untuk melihat sendiri keadaan di Kalbar ini!!"

Bencana kabut asap memang sudah menjadi bencana musiman bagi warga di Sumatera dan Kalimantan. Setiap tahun, warga menderita akibat dampak dari kebaikaran hutan dan lahan. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,