Ternyata Permukaan Pluto Tampak Seperti di Bumi

Ternyata Permukaan Pluto Tampak Seperti di Bumi

Salah satu panampakan permukaan Pluto

Washington - Sebuah gambar permukaan planet Pluto yang tidak disangka-sangka, ternyata memiliki kemiripan dengan kondisi Bumi. Demikian sebuah keterangan yang kembali  dirilis oleh NASA.
 
Seperti dikutip dari laman Mirror, baru-baru ini gambar yang diambil dengan menggunakan satelit New Horizons itu, berhasil menunjukkan adanya pegunungan yang berada di permukaan Pluto yang diselubungi oleh semacam kabut.

Namun, berbeda dengan Bumi yang lebih banyak dipengaruhi oleh air, iklim di Pluto lebih banyak dipengaruhi nitrogen. Ini berakibat Pluto memiliki titik beku hingga -210 derajat Celcius, dan dapat membuat kondisinya seperti badai salju. NASA juga memperlihatkan, nitrogen beku yang banyak terkandung di Pluto terlihat seperti gletser seperti yang ada di Bumi.

Anggota misi Geology, Geophysics and Imaging Team dari University of Virginia, Alan Howard pun terkejut atas gambar permukaan Pluto yang dirilis NASA tersebut. Dia tak menyangka, akan menemukan sebuah sistem cuaca yang familiar, namun berada di daerah yang terjauh dari sistem tatasurya.

"Secara mengejutkan, ternyata Pluto memiliki tampilan yang mirip dengan Bumi dan tak seorang pun yang pernah memprediksi mengenai hal itu," kata Howard. Hasil tangkapan foto permukaan Pluto yang mirip seperti wilayah Antartika di Bumi, ternyata juga dapat membantu memperkirakan mengenai keadaan Pluto yang sebenarnya.

Seperti yang diungkapkan Alan Stern, Principal Investigator dari New Horizons, "Gambar permukaan Pluto ini dapat menjadi semacam tambang dalam penyelidikan Pluto. Sebab, dari gambar itu dapat terungkap mengenai atmosfer, gunung, gletser, bahkan permukaan Pluto," katanya.

New Horizons sendiri merupakan pesawat luar angkasa yang dikirimkan NASA, dengan misi untuk menyelidiki Pluto. Pesawat itu bertugas untuk menginvestigasi permukaan serta sistem yang ada di Pluto. (Jr.)**
.

Categories:Infotech,
Tags:,