Sempat Tertinggal Barcelona Balik Unggul

Sempat Tertinggal Barcelona Balik Unggul

Barcelona - Juara bertahan Barcelona berhasil membalikkan keadaan dan mengatasi tim tamu Bayer Leverkusen dengan skor akhir 2-1 dalam laga lanjutan pekan kedua penyisihan Grup E Liga Champions di Nou Camp, Rabu dini hari (30/9/2015) WIB.

Kemenangan Barcelona diperoleh setelah Sergi Roberto dan Luis Suarez masing-masing mencetak gol pada menit 80 dan 82 guna mengubur keunggulan Leverkusen yang sempat diperoleh melalui Kyriakos Papadopoulos pada menit 22.

Pergantian pemain yang tepat, menjadi kunci keberhasilan Barcelona meraih tiga poin penuh, ketiga pemain yang baru merumput di paruh kedua, Jordi Alba, Sergi Roberto dan Munir El Haddadi, berperan penuh atas dua gol kemenangan Barcelona.

Barcelona, yang tampil tanpa sang bintang Lionel Messi seolah kesulitan menemukan permainan terbaiknya dan banyak tertekan permainan efektif Leverkusen yang ditopang poros ganda Lars Bender dan Christoph Kramer di lini tengah.

Tim tamu memperoleh keunggulan saat Papadopoulos menanduk bola sepak pojok yang dikirimkan Hakan Calhanoglu, mengalahkan pemain belakang Barcelona Jeremy Mathieu dalam prosesnya.

Gol tersebut sempat memicu amarah penjaga gawang Marc-Andre ter Stegen atas Luis Suarez yang terkesan tidak menjaga posisinya dengan baik, padahal penjaga gawang Jerman itu juga tak cukup baik mengantisipasi datangnya bola.

Leverkusen hampir menggandakan keunggulan saat Karim Bellarabi menyisir dari sisi kanan pertahanan Barcelona dan melepaskan tendangan pada menit 36 yang untungnya masih bisa diantisipasi Ter Stegen.

Tiga menit berselang, Barcelona hampir menyamakan kedudukan, namun upaya Neymar masih ditolak oleh tiang gawang dan sepakan Sandro menyambut bola muntah masih bisa dihadang oleh Papadopoulos di hadapan gawang.

Kedudukan 1-0 untuk tim tamu masih bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Barcelona mulai lebih menguasai permainan, namun upaya mereka tak kunjung membuahkan hasil, hingga pelatih Luis Enrique secara berturut-turut melakukan pergantian memasukkan Alba untuk Andres Iniesta pada menit 60, Munir  untuk Sandro pada menit 63 dan Sergi Roberto untuk Ivan Rakitic pada menit 72.

Hasilnya, ketiga pemain tersebut berperan penuh atas terciptanya gol pertama saat Alba melepaskan umpan yang berhasil disambut Munir dengan tendangan ke arah gawang, bola yang diantisipasi tak sempurna oleh penjaga gawang Bernd Leno segera disambar Sergi Roberto untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit 80.

Momentum positif itu berlanjut saat dua menit berselang Munir menghindari kawalan Kramer di sisi kanan dan berhasil melepaskan umpan ke kaki Suarez yang diselesaikan sempurna oleh mantan penyerang Liverpool itu untuk membawa timnya berbalik unggul 2-1.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut.

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen (PG); Dani Alves, Gerard Pique, Javier Mascherano, Jeremy Mathieu; Ivan Rakitic (Sergi Roberto), Sergio Busquets, Andres Iniesta (Jordi Alba); Sandro Ramirez (Munir El Haddadi), Luis Suarez, Neymar
Pelatih: Luis Enrique

Bayer Leverkusen (4-2-3-1): Bernd Leno (PG); Giulio Donati (Roberto Hilbert), Jonathan Teh, Kyriakos Papadopoulos, Wendell; Lars Bender, Christoph Kramer; Kevin Kampl, Hakan Calhanoglu, Karim Bellarabi (Julian Brandt); Javier Hernandez (Stefan Kiessling)
Pelatih: Roger Schmidt. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,