Gedung Mapolda Jateng di Semarang Ludes Terbakar

Gedung Mapolda Jateng di Semarang Ludes Terbakar

Gedung Mapolda Jateng ludes terbakar

Semarang - Insiden kebakaran melanda bangunan atau gedung Mapolda Jawa Tengah di Kota Semarang. Bangunan tersebut letaknya bersebelahan dengan Direktorat Reserse Narkoba, yang nyaris habis dilalap si jago merah, Rabu (30/9/2015) siang.
 
Sejauh ini, proses pemadaman terus berlangsung. Suara sirine dari mobil pemadam kebakaran pun terus meraung-raung di seputaran Polda Jateng. Beberapa unit mobil pemadam kebakaran dan satu unit mobil sabhara, dikerahkan untuk memadamkan kobaran api.
 
Belum diketahui penyebab dari kebakaran tersebut. Namun, seorang saksi mata menyatakan, kebakaran terjadi begitu cepat dan api dengan cepat merembet menjadi besar. "Barusan terjadi dan api cepat membesar," kata salah seorang petugas dari Polda Jawa Tengah.
 
Menurut Kabid Humas Polda Jateng Aloysius Liliek Darwanto, petugas tinggal memadamkan sisa-sisa kebakaran. "Kebakaran di Mapolda Jateng sudah hampir padam, tapi masih ada sisa-sisa apinya,” katanya.
 
Aloysius menambahkan, tiga mobil pemadam dari Pemerintah Provinsi Jateng dan dua unit dari Dalmas Polda Jateng dikerahkan untuk menjinakkan api. Semua tahanan sudah dipindahkan. "Kita manusiawi, semua tahanan dievakuasi ke tempat aman. Tidak mungkin kita biarkan begitu saja,” ucapnya.
 
Disebutkan, dokumen-dokumen penting di Gedung B yang terbakar itu sudah ludes. Namun ia juga memastikan tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu. Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Nur Ali membenarkan telah terjadi kebakaran di Markas Polda Jawa Tengah di Semarang.
 
Dari laporan anggotanya, yang terbakar merupakan ruang rapat dan ruang personel Biro Sumber Daya Manusia (SDM) yang berada di lantai tiga. "Iya lantai tiga ruang rapat sama ruang personel Biro SDM," kata Nur Ali.
 
Ditanya darimana sumber api kebakaran itu, Nur Ali mengaku belum mengetahuinya. Pasalnya ia dan beberapa pejabat Polda Jawa Tengah sedang perjalanan pulang dari kunjungan ke wilayah Wonogiri. "Sumber api belum tahu ya, saya masih perjalanan dari Wonogiri," kata Nur Ali.
 
Seperti diketahui, bangunan berlantai tiga di Mapolda Jateng yang terbakar nyaris ludes. Dua lantai di atas sudah habis terbakar. Para polisi dan petugas Damkar masih sibuk memadamkan api.
 
Atas terbakarnya gedung Mapolda Jawa Tengah mengundang perhatian warga sekitar untuk melihat. Mereka berusaha mendekati lokasi, di sisi lain ratusan personel kepolisian tampak panik dan sibuk memadamkan api. Warga berkerumun di pagar besi yang mengelilingi Polda Jateng. Sedangkan puluhan personel tampak berupaya menyelamatkan barang atau dokumen yang tersisa.  (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,