Saudi Larang Jemaah Haji Bawa Pulang Air Zamzam

Saudi Larang Jemaah Haji Bawa Pulang Air Zamzam

Jeddah - Pemerintah Arab Saudi memberlakukan larangan untuk para jemaah haji tahun ini,  Jmembawa pulang air Zamzam ke kampung halaman. Jika coba-coba membawa pulang air Zamzam dan dikemas dalam bentuk apapun, dipastikan akan terdeteksi oleh mesin pemindai (X-Ray), saat pemeriksaan barang bawaan jemaah haji di Madinatul Hujjaj Jeddah, Arab Saudi.
 
"Apabila sudah terdeteksi di layar monitor, pasti kita bongkar tasnya dan kita keluarkan," kata petugas operator X-Ray Garuda Indonesia, Primastyo Suhadi Wibowo, Wawan Isab Rubiyanto, di Jeddah, Rabu (30/9/2015).

Primastyo menjelaskan, mesin pemindai X-Ray tidak bisa dikelabui. Setiap cairan yang terdapat dalam tas jemaah haji akan terlihat, meski jemaah melapisi atau mengemas cairan itu dengan beragam cara. Petugas, tidak akan mengambil risiko meloloskan air Zamzam yang dibawa jemaah, karena ada sanksi yang mengancam maskapai. 

Garuda Indonesia sebagai salah satu maskapai pelaksana pengangkutan jemaah haji Tanah Air, kata Primastyo, akan terkena denda 10 ribu Riyal Arab Saudi per botol air Zamzam, yang masuk ke dalam pesawat. 

"Inilah aturan baru tahun ini. Kita nggak mau ambil risiko walaupun dalam hati kasihan juga karena jemaah tentu punya niat baik membawa Zamzam dari sini," tegas Primastyo. 

Sementara itu, Koordinator Madinatul Hujjaj City Check-in Garuda Indonesia di Jeddah, Ericsando menambahkan, sejak gelombang kepulangan jemaah haji Indonesia berlangsung pada Senin 28 September 2015,  banyak jemaah yang coba-coba menyelipkan air Zamzam di dalam tas mereka. 

Padahal, sesuai aturan General Authority of Civil Aviation (Gaca) Arab Saudi, mulai tahun ini air Zamzam tidak diperkenankan lagi dibawa ke dalam pesawat. Tas barang bawaan jemaah haji, baik yang masuk ke dalam bagasi atau dibawa ke atas kabin, harus bebas dari air Zamzam. "Sebenarnya bukan hanya Zamzam, tapi segala bentuk cairan di atas 100 mililiter," kata Ericsando.

Menurutnya, jemaah tidak perlu khawatir tidak mendapatkan air Zamzam karena Garuda sudah menyiapkan air khas Tanah Suci itu di embarkasi masing-masing. Garuda sudah lebih dulu membawa 84 ribu liter air Zamzam, yang akan dibagikan ke setiap jemaah saat tiba di Tanah Air. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,