Restorasi Sungai Cikapayang Habiskan Rp 6 Miliar

Restorasi Sungai Cikapayang Habiskan Rp 6 Miliar

Suasana sungai cikapayang pada malam hari-- Foto:RZL

Bandung - Restorasi Sungai Cikapayang di kawasan Balai Kota Bandung yang akan menghabiskan dana sebesar Rp 6 miliar sudah masuk pada proses lelang dan akan mendukung ruang publik sekaligus pendukung pariwisata di kota itu.

"Restorasi yang akan dilakukan akan menyambung hasil yang sudah ada. Rencana panjangnya 400 meter sampai ke dekat Taman Vanda," kata Sekretaris Dinas Marga dan Pengairan (DBMP) Didi Ruswandi, Rabu (30/9/2015).

Rencananya, restorasi akan melanjutkan pekerjaan yang sudah ada sekarang. Hasil dari restorasi yang dilakukan nanti tidak akan jauh berbeda dengan yang sudah ada. Trotoar akan ditata, termasuk ditambah taman dan fasilitas lain seperti kursi, lampu hias dan penataan sungainya.

"Untuk model tidak akan jauh berbeda dengan yang sekarang. Mungkin lantainya akan beda sedikit. Kalau dulu andesit, sekarang kemungkinan kita pakai granit," katanya.

Maksud dari restorasi itu, menurutnya juga tidak akan jauh berbeda, yakni menyediakan ruang publik yang nyaman sekaligus menata sungai. Namun untuk kali ini, hasil restorasi kemungkinan akan lebih hijau.

"Kemungkinan tahun ini akan lebih banyak ruang hijaunya," kata Didi.

Saat disinggung apakah lelang akan berjalan maksimal sehingga proses pelaksanaan konstruksi berjalan sesuai harapan dan mencapai target, Didi mengaku pihaknya cukup optimis. Dengan waktu lelang yang diperkirakan sampai satu bulan plus pelaksanaan konstruksi satu setengah bulan, proyek itu diharapkan bisa rampung sebelum akhir tahun. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,