Perancis Diterjang Banjir, 17 Warga Meninggal Dunia

Perancis Diterjang Banjir, 17 Warga Meninggal Dunia

Nice - Akibat hujan deras dan badai yang terus-menerus menerjang selatan Perancis, menyebabkan Sungai Rivera meluap dan Kota Nice terendam banjir. Dalam kejadian itu menewaskan sebanyak 17 orang dan 4 orang lainnya dilaporkan hilang.
 
Diketahui, 3 orang lanjut usia tenggelam di panti jompo dekat Kota Antibes, salah satu kota yang terkena banjir paling parah. Sedangkan yang lainnya dilaporkan tewas terperangkap dalam terowongan dan parkir bawah tanah, ketika air tiba-tiba merendam area itu.
 
Dilaporkan BBC, Senin (5/10/2015) Presiden Perancis Francois Hollande mengumumkan negara dalam keadaan bencana alam di beberapa daerah yang terkena dampaknya. Hollande berterima kasih atas kesigapan aparat dan masyarakat yang bekerja sama bahu-membahu menolong korban, dan memujinya sebagai salah satu gerakan solidaritas nasional.
 
Hollande pun berbelasungkawa saat mengunjungi sebuah fasilitas panti jompo yang terendam banjir di Kota Biot. Ia meminta seluruh penghuni untuk segera dievakuasi. "Bencana belum berakhir. Segera tinggalkan tempat ini," kata Hollande.
 
Anak Sungai Rivera, Sungai Brague juga meluber hingga membanjiri sebagian kota-kota di pinggiran sungai tersebut termasuk jalan-jalan di Cannes. "Benar-benar menakutkan. Kami ingin keluar namun urung karena hujan luar biasa derasnya, dan air tiba-tiba naik," kata salah seorang penduduk Jalan Cannes, Katya Higham.
 
Sementara Walikota Cannes, David Lisnard juga menggambarkan situasi hujan dan banjir yang anomali itu.
"Beberapa mobil terbawa arus hingga ke laut. Kami harus menyelamatkan banyak orang dan sekarang kami harus waspada terhadap penjarahan," tuturnya.
 
Eric Ciotti, Presiden Departemen Alpes-Maritimes pun berkicau dalam Twitternya, "Kami sekarang harus melalui situasi yang luar biasa yang belum pernah kami rasakan sebelumnya." Jalan-jalan utama masih ditutup. Kereta juga berhenti beroperasi, sementara ratusan turis harus bermalam di Bandara Nice. Sekitar 10 ribu rumah belum dialiri listrik. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,