Laudya Cynthia Bella: Belajar Bersyukur

Laudya Cynthia Bella: Belajar Bersyukur

Nama artis cantik asal Bandung, Laudya Cynthia Bella mendadak jadi buah bibir. Ini lantaran dia baru saja diganjar penghargaan sebagai Pemeran Utama Wanita Terpuji Festival Film Bandung (FFB) 2015, disamping itu filmnya "Surga Yang TAk Dirindukan" mampu meraup penonton 1.5 juta orang dalam waktu singkat. 
 
Perempuan yang juga tergabung dalam grup Bukan Bintang Biasa (BBB) ini, memang saatnya memetik segala kerja keras yang sudah dibangun sejak sepakat terjun ke dunia entertaint. 
 
"Ini hasil kerja keras saya selama ini, meski saat main film ini tidak berpikiran untuk menrima piala penghargaan. Saat menerima peran di Surga, saya udah jatuh cinta dengan karakter tokohnya. Berat memang karena mengisahkan seorang perempuan yang sudah menikah serta punya anak, sementara dalam kehidupan aslinya, semuanya saya belum melakoninya," kata wanita yang kerap disapa Bella ini saat usai menerima penghargaan FFB di Monumen Perjuangan Jawa Barat baru-baru ini. 
 
Penghargaan bagi Bella adalah sebuah wadah apresiasi. "Apapun siapapun yang mengadakan penghargaan saya selalu bersimpati, karena mereka telah melakukan sebuah pekerjaan terhormat, bayangin aja, mereka mau memperhatikan, menilai orang lain untuk sebuah awards, itu kan tanggungjawabnya tinggi banget, dan bagiku inilah penghormatan yang selalu saya hormati," tambah Bella. 
 
Dari film ke film memang sangat terlihat lompatan kemajuan yang telah ia torehkan sendiri dalam kariernya. "Saya hanya bermain natural, berusaha jujur, berusaha apa adanya aja kok, dan berusaha kompak dengan rekan main, karena kuncinya adalah main senatural mungkin," ungkap perempuan kelahiran Bandung, 24 Februari 1988 ini. 
 
Selama ini dia telah membuat dua keputusan penting dalam hidupnya. Yang pertama komitmennya untuk menyandarkan kariernya di dunia hiburan Tanah air, yang kedua adalah ketika dia jatuh cinta untuk tampil berhijab dan melakukan keputusan penting untuk berhijab. 
 
"Ya, mungkin keputusan pertama sudah dijalani apa adanya, dan baru tahun ini saya melakukan hal yang terbaik untuk diri saya. Ini sebenarnya bukan keputusan mendadak, sudah lama saya niatkan, tetapi dalam perjalanannya, ada beberapa pekerjaan yang harus saya kerjakan dengan kondisi tidak berhijab, karena itu, begitu sudah bulat, pekerjaan juga sudah beres, saya akhirnya harus memilih, dan keputusan itu adalah mengenakan hijab, alhamdulilah saya seperti lahir kembali, meninggalkan hal-hal yang sebagian tidak lagi saya akrabi, ya hidup ini kan pilihan, dan dalam memilih selalu ada konsekuensinya," ungkap Bella bersahaja. 
 
Namun dalam proses menjalani hidup kata Bella selalu naik turun itu sudah bagian dari perjalanan setiap orang. Tidak perlu mencari pembenaran lebih baik menjalaninya saja dengan ihlas sehingga hidup akan terasa ringan. "Ya, baik buruknya kan terserah orang lain yang menilai, saya hanya berusaha menjalani semua ini dengan sebaik-baiknya. Seperti baru-baru ini misalnya, orang lain heboh membahas baju transparan saya, tetapi apa orang mau tahu kalau saya menggunakan mangset yang warna kulit untuk menghalangi pandangan agar tidak transparan? Biarlah itu menjadi masukan baik buat saya," katanya saat dikonfirmasi soal penampilannya pada malam puncak FFB di Bandung.
 
Kini Bella baru saja pulang dari liburan selama dua minggu di Eropa. Dia masih menikmati libur panjangnya setelah setahun penuh bekerja hampir tanpa henti. "Biasanya kalau udah kerja gini, ya memang harus cari tempat untuk refreshing, tidak harus ke luar negeri sebenarnya, tetapi kebetulan ada kerjaan juga jadi sekalian ulin lah," katanya tertawa. 
 
Nama Laudya Cynthia Bella di dunia hiburan Indonesia, sudah bukan nama asing lagi. Dia dikenal di dua jalur, akting dan nyanyi. Tetapi awalnya dia berangkat dari dunia model, dan bintang iklan. Profesi yang juga banyak digeluti orang lain. Bahkan akibat popularitas, namanya kembali ikut berkibar didunia iklan. Beberapa produk sempat di perankan oleh Bella, baik sebelum mengenakan hijab dan sesudah mengenakan hijab. Lihatlah wajahnya kerap wara wiri di televisi. 
 
"Semuanya saya nikmati dengan rasa syukur, semua rezeki ini sudah diatur oleh Allah SWT, kita tinggal menjalaninya saja, alhamdulilah masih ada yang percaya bekerja sama dengan saya, itu yang patut disyukuri selalu dan selamanya," ungkap mantan kekasih aktor Chicco Jericko ini. 
 
 Laudya Cynthia Bella diusianya   27 tahun ini banyak loncatan prestasi dalam hidupnya. Bella merupakan anak bungsu dari 4 bersaudara ini awalnya dikenal melalui sinetron. Yang terkenal yang pernah dibintanginya antara lain "Senandung Masa Puber", Juragan Jengkol" , "Cinta Bunga",  dan tergabung dalam BBB bersama Raffi Ahmad, Chelsea Olivia, dan Dimas Back serta Ayushita ditahun 2006 lalu. 
 
Grup bentukan Melly Goeslaw ini sempat fakum jika personelnya sibuk main sinetron dan film. Kini mereka kembali membangun lagi BBB. "Semua tergantung kondisi kalau sibuk disuruh ngumpul aja susah banget, tetapi kalau lagi gak sibuk ya mudah juga kumpulnya," katanya tertawa menyikapi grupnya BBB. 
 
Tahun 2015 ini menurut Bella banyak peristiwa yang terjadi dalam hidupnya. Semuanya dihadapi dengan perasaan ihklas, dan dinikmati tanpa beban. "Saya belajar bersyukur dan memahami untuk ikhlas, insya Allah bisa dijalani," katanya dengan bijak. 
 
Laudya memulai karier sebagai model dan bintang iklan, sebelum akhirnya berkecimpung di dunia akting. Bella pernah terpilih sebagai finalis majalah Kawanku  pada tahun 2002, namun namanya mulai dikenal saat berperan sebagai Biyan di film "Virgin". 
 
Melalui film Virgin ini pulalah, Bella yang belajar akting dari Eka D. Sitorus, pengasuh Sakti Acting School Jakarta. Ia terpilih sebagai salah satu nominasi pemeran utama wanita terbaik  Festival Film Indonesia 2005. Bella juga dinobatkan sebagai Aktris Terpuji pada Festival Film Bandung 2005. Bella pernah membintangi film antara lain "Virgin" , "Berbagi Suami", Lentera Merah", Bukan Bintang Biasa", "Love", Di Bawah Lindungan Ka'bah". "Belenggu", "Haji Backpacker" dan Assalamualaikum Beijing".  Sinetron berjudul "Juragan Jengkol" berhasil membawanya sebagai aktris paling ngetop versi SCTV Awrds 2006. (Wa Ode Ratna Djuwita)**

 

Biodata
 
Nama Lengkap : Laudya CVynthia Bella
Nama panggilan: Bella
Tempat Tanggal Lahir: Bandung, 24 Februari 1988
Pekerjaan: Artis Indonesia
Agama : Isllam
Status: Single
 

Film

TahunFilmPeranKeterangan
2004 Virgin Biyan Nominasi Piala Citra Festival Film Indonesia untuk Aktris Terbaik
Pemeran Utama Wanita Terpuji Festival Film Bandung
Most Rising Star MTV Indonesia Movie Awards
2006 Berbagi Suami Istri Keempat  
2006 Lentera Merah Risa Apriliyanti  
2007 Bukan Bintang Biasa Bella  
2008 Love Dinda  
2008 Kuntilanak 3 Stella  
2009 Suka Ma Suka Bella  
2010 Gadis di Ruang Tunggu Hana Film pendek
2011 Cowok Bikin Pusing Tasha  
2011 Di Bawah Lindungan Ka'bah Zainab Pemeran Utama Wanita Terpuji Festival Film Bandung
Best Leading Actress (e-Guardians Awards)
2013 Belenggu Djenar Nominasi Piala Citra Festival Film Indonesia untuk Aktris Terbaik
Nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik Indonesian Movie Awards
Pemeran Utama Wanita Terfavorit Indonesian Movie Awards
2014 Haji Backpacker Marbel Nominasi Pemeran Paling Memukau Piala Maya
2014 Tak Kemal Maka Tak Sayang Putri  
2014 Assalamualaikum Beijing Sekar
2015 Kakak Kirana complete  
2015 Surga Yang Tak Dirindukan Citra Arini  

Sinetron

FTV

  • Juragan Jengkol
  • Kalau Jodoh Takkan Lari
  • Api Cinta
  • Mohon Jaga Hatiku
  • Cinta Lampau Bikin Galau
  • Putu Mayang Cinta
  • Mr. Gunung Cintaku
  • Princess Teh Talua
  • Tasbih Pembawa Cinta
  • Bidadari Pelindung Cinta

Iklan

Singel

Drama musikal

Komedi

Album

Video klip

TahunJudulPenyanyi
2001 Salam Bagi Sahabat Glenn Fredly
2002 Samudera Mengering Jikustik
2004 Inginku Bukan Hanya Jadi Temanmu Yovie & Nuno
2008 Sempurna Gita Gutawa
2010 Jangan Ada Dusta Diantara Kita Angkasa (band)

Prestasi

TahunPenghargaanNominasiHasil
2005 Piala Citra - Festival Film Indonesia Pemeran Utama Wanita Terbaik - film Virgin Nominasi
2005 Festival Film Bandung Pemeran Utama Wanita Terpuji - film Virgin Menang
2005 MTV Indonesia Movie Awards Most Rising Star - film Virgin Menang
2006 ParFi Awards Aktris Film Muda Terpilih Menang
2006 SCTV Awards Aktris Paling Ngetop Menang
2008 Johnny Andrean Awards Best Hair Do for Actress Menang
2008 SCTV Awards Aktris Paling Ngetop Nominasi
2009 SCTV Awards Aktris Paling Ngetop Nominasi
2010 Insert! Awards Sexiest Female Celebrity Of The Year Menang
2010 SCTV Awards Aktris Paling Ngetop Nominasi
2012 Festival Film Bandung Pemeran Utama Wanita Terpuji - film Di Bawah Lindungan Ka'bah Nominasi
2012 e-Guardians Awards Best Leading Actress - film Di Bawah Lindungan Ka'bah Menang
2013 Piala Citra - Festival Film Indonesia Pemeran Utama Wanita Terbaik - film Belenggu Nominasi
2013 Indonesian Movie Awards Pemeran Utama Wanita Terbaik - film Belenggu Nominasi
2013 Indonesian Movie Awards Pemeran Utama Wanita Terfavorit - film Belenggu Menang
2014 Piala Maya Pemeran Paling Memukau - film Haji Backpacker Nominasi
.

Categories:Sosok,
Tags:,