Saling Ancam Terjadi Antara Pesawat Tempur Turki Rusia

Saling Ancam Terjadi Antara Pesawat Tempur Turki Rusia

Ankara - Dua jet tempur F-16 milik Turki cegat pesawat perang Rusia, yang memasuki wilayah mereka di dekat perbatasan Turki-Suriah, Sabtu (3/10/2015). Mengetahui ada pesawat yang mencegatnya, selanjutnya pesawat perang Rusia itu kabur.

 
Merasa tidak puas di udara, di darat pemerintah Turki langsung komplain dengan memanggil Duta Besar Rusia di Ankara, untuk meminta kejelasan terkait insiden tersebut.
 
Turki pun mengecam tindakan yang dilakukan pilot pesawat tempur Rusia tersebut, dan meminta agar peristiwa serupa tak lagi terulang. Sebab jika terjadi kembali, Turki akan mengambil tindakan yang dipastikan bakal merugikan bagi hubungan antara Ankara dan Moskow.
 
Seperti diketahuim sudah sejak lama hubungan antara Moskow dan Ankara kurang harmonis terkait konflik Suriah. Apalagi memang kebijakan yang diambil kedua pemerintahan berbeda, Moskow diketahui sebagai pendukung utama rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad, sedangkan Ankara sudah sejak lama juga menginginkan agar Assad lengser dari posisinya. (AY)
.

Categories:Internasional,
Tags:,